Selasa, 05 Maret 2013

  PEMBELAJARAN BIOLOGI DI KEBON BINATANG BANDUNG

Pembelajaran biologi tidak hanya dilakukan di dalam kelas atau di ruang laboratorium saja, namun dapat juga dilakukan di luar sekolah misalnya di Kebon Binatang. Hal ini dilakukan agar para siswa lebih memahami tentang materi yang disajikan, yaitu tentang pengelompokkan hewan (Animalia).

114 komentar:

  1. bagi saya pembelajaran di Kebun Binatang ini bermanfaat dan sangat menarik,karena saya dapat melihat ,dan mempelajari secara langsung baik jenis maupun habitatnya yang menjadi ciri-ciri setiap hewan,dimana ciri-ciri tersebut yang akan menjadi bahan untuk pembelajaran materi kali ini.


    wildan setiawan X-5

    BalasHapus
  2. Menurut saya, pembelajaran ke Kebun Binatang ini sangat bermanfaat dan merupakan sebuah pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa siswi, karena belajar di dalam kelas maupun dalam laboratorium terus menerus akan membuat siswa jenuh dan bisa saja tidak tertarik. Maka dari itu siswa diajak ke Kebun Binatang agar tidak jenuh. Selain untuk membuat siswa tidak merasa jenuh, pembelajaran ini dapat menambah wawasan siswa dalam materi kali ini dengan melihat hewan veterbrata maupun sejenisnya dan membedakan setiap hewan yang ada di sana baik dari fisik hingga ciri khusus juga pengelompokan hewan-hewan.

    Dalam kegiatan ini tentu saja siswa kemari bukan karena rekreasi, tetap ada tugas LKS yang harus dikerjakan siswa dari hasil pengamatannya. Yang biasanya dalam mengerjakan LKS siswa merasa malas karena banyak materi yang harus dibaca dan mungkin belum tentu siswa mengerti penjelasan dari LKS tersebut dapat mengerjakannya dengan hari yang senang karena ia mengerjakannya atas pengamatannya langsung dan ia dapat melihat bahwa hewan tersebut bagaimana. Jadi, apa yang siswa isi bersumber dari apa yang ada di kebun binatang tersebut, bukan hanya sekedar materi yang dibaca dan belum tentu ia mengerti apa itu.

    Lebih baik adakan lagi pembelajaran seperti ini karena materi lebih mudah ditangkap oleh siswa dan membuat tidak bosan belajar Biologi.

    Hana Nur Azizah (14) kelas: X-5

    BalasHapus
  3. Menurut saya pembelajaran ini menarik dan lebih mudah di mengerti .



    Reynaldi Agustian(31) kelas :X-4

    BalasHapus
  4. Pembelajaran biologi di kebun binatang sangat bermanfaat. Selain kita terhibur, kita lebih mudah menangkap pemelajaran, kita dapat melihat langsung apa yang sebenarnya sedang dibicarakan. Pengetahuan kita tentang binatangpun menjadi semakin luas. Pembelajaran yang sangat menarik.



    Dyanti K (10) kelas: X-4

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. menurut saya pembelajaran biologi di kebun binatang ini sangat menarik dan bermanfaat karena kita dapat mengenal binatang2 di kebun binatang secara lengkap mulai dari nama biologinya sampai klasifikasi binatang tersebut selain itu kita bisa melihat langsung binatang yang sudah langka atau hampir punah seperti komodo, macan tutul, harimau sumatera, dll.

    Fikri Rahadi(12) X-5

    BalasHapus
  7. menurut saya pembelajaran ini sangat menarik karena selain kita belajar dengan mudah, kitapun dapat sekaligus refresing. Jelas dengan cara pembelajaran seperti ini kita tidak akan terlalu jenuh.

    Aryandi N(3)kelas:X-5

    BalasHapus
  8. Menurut saya pembelajaran di kebun binatang ini merupakan pembelajaran yang bermanfaat dan menghibur sebab dalam pembelajaran ini siswa dapat melakukan pembelajaran dan rekreasi sekaligus. Contoh pembelajaran yang kita dapat tersebut adalah kita dapat mengetahui klasifikasi klasifikasi hewan yang jarang kita temui secara langsung seperti komodo, beruang alaska, tapir dll dan selain itu kita dapat mengetahui mana binatang yang dilindungi dan tidak dilindungi. Contoh rekreasi yang kita dapat adalah kita dapat melihat hewan hewan dari mamalia, reptil, aves dan pisces yang beragam. Sepertinya metode seperti ini lebih diminati siswa sebab siswa tidak akan merasa jenuh seperti saat di sekolah atau lab.

    Ilham Hidayat K (16) X-5

    BalasHapus
  9. Menurut saya, kejenuhan dapat mempengaruhi kerja otak dan belajar biologi seperti ini bisa mengurangi kejenuhan. Selain itu, belajar dengan melihat objeknya secara langsung akan lebih efektif daripada terus menerus terpaku pada buku.

    Thafhan Fathur Rahman
    X-5

    BalasHapus
  10. menurut saya belajar tidak hanya dapat dilakukan di dalam kelas. tetapi bisa juga di luar ruangan. salah satunya adalah yang telah kami lakukan ini, kami belajar biologi ke kebun binatang sebagai pengaplikasin pembelajaran dari bab hewan.
    menurut saya tipe ppembelajaran diluar ruangan amat sangat menyenangkan dan sangat diminati oleh siswa. karena dengan belajar seperti ini selain kita mendapat ilmu, kita juga bisa refreshing,pikiran juga jadi gak mumet :) belajar kan tidak harus membaca buku dan duduk manis di kursi. tapi dari lingkungan juga kita mendapat ilmu.
    saran saya, cara pembelajaran seperti ini lebih ditingkatkan ya :)

    Syifa' Lisdeani (36) X-4

    BalasHapus
  11. menurut saya metode pembelajaram yang dilakukan dengan mendatangi kebun binatang secara langsung ini cukup bagus dan efektif, seperti siswa dapat mengetahui binatang2 yang sudah hampir punah, menambah wawasan tentang binatang2, mengetahui perbedaan/ klasifikasi binatang2 yang ada di kebun biantang dan menghilangkan kejenuhan siswa.
    metode ini perlu di tingkatkan dan sering2 dilakukan.

    Mufti fadilah salma (23) X-5

    BalasHapus
  12. Ass.Wr.Wb
    berikut saya akan menyampaikan pendapat pribadi saya mengenai kegiatan belajar di kebun binatang

    hal tersebut baik, karena para siswa dan siswi mengenal semua jenis klasifikasi kelas hewan
    seluruh siswa dan siswi, mengetahui dan mampu mengelompokkan jenis berdasarkan kelas mamalia, reptilia, aves,dan pisces
    seperti contoh orang utan yang awalnya kita tidak tahu, akhirnya kita bisa tahu bahwa orang utan memiliki orda dan kelas yang sama dengan manusia
    para murid pun tahu hewan hewan yang terancam punah dan dilindungi di kebun binatang.
    para murid pun refresing dengan kegiatan di luar sekolah ini.

    berikut pendapat saya Michael K Jo x-5/22

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. adanya pembelajaran di luar kelas bisa membuat siswa tidak merasa bosan dan bisa mengenal binatang secara langsung. selain itu, pembelajaraan di luar kelas membuat siswa dapat mengenal banyak hal baru . maka dari itu metode pembelajaran seperti ini harus dilanjutkan .


    Andika Pramudya (02) X-5

    BalasHapus
  15. menurut saya pembelajaran di kebun binatang ini membuat murid murid tidak jenuh dan membuat murid mudah menggingat kelompok hewan ataupun nama ilmiah dari hewan hewan yang ada disana.


    Muhamad Faishal (24)X-5

    BalasHapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  17. pembelajaran biologi yang di lakukan di kebun binatang sangat efektif karena kita dapat melihat langsung kebiasaan para hewan dan melihat hewan tersebut secara langsung.
    kita juga dapat mengelompokan hewan menurut kelasnya, dapat mengetahui hewan apa saja yang terancam punah, mengetahui nama latin dari hewan-hewan tersebut, mengetahui ciri khas hewan dan bagai mana mereka berinteraksi satu sama lain.
    belajar di kebun binatang juga dapat menjadi sebuah ajang refreshing bagi siswa yang merasa bosan belajar biologi hanya di kelas atau di laboratorium saja.

    putriana dwi fadzriyah x-5

    BalasHapus
  18. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,
    Alhamdulillah saya jadi tidak jenuh dan ngantuk, karena ada aktivitas keluar kelas, selain itu saya jadi bisa mengetahui hewan lebih lanjut...
    Alhamdulillah dagangan saya juga jadi laku hehe...
    terima kasih bu Tati... :p
    Muhanmmad Yusreza Irsyan X5/27

    BalasHapus
  19. Menurut saya, kegiatan ke kebun binatang ini bukan karena rekreasi, tetap ada tugas LKS yang harus dikerjakan siswa dari hasil pengamatannya. Yang biasanya dalam mengerjakan LKS siswa merasa jenuh karena banyak materi yang harus dibaca dan mungkin belum tentu siswa mengerti penjelasan dari LKS tersebut dapat mengerjakannya dengan hati yang senang karena ia mengerjakannya atas pengamatannya langsung dan ia dapat melihat bahwa hewan tersebut bagaimana. Jadi, apa yang siswa isi bersumber dari apa yang ada di kebun binatang tersebut, bukan hanya sekedar materi yang dibaca dan belum tentu ia mengerti apa itu.

    Erfan Ramadhan x5(11)

    BalasHapus
  20. Menurut saya pembelajaran di luar kelas mengunjungi kebun binatang sangat efektif bagi para siswa, dan membuat siswa tidak bosan dan mengenal secara langsung klasifikasi hewan vertebrata .

    Azka Razaqa Hartono (05) X-5

    BalasHapus
  21. Pembelajaran secara outdoor seperti pergi ke kebun binatang menambah wawasan serta menyegarkan pikiran karena selain diberi tugas mengisi lks kita juga disuguhkan udara yang segar dan suasana yang hijau. Sangat bermanfaat untuk fisik dan batin.

    BalasHapus
  22. saya sangat setuju dengan pendapat ibu yang mengatakan bahwa pembelajaran itu tidak perlu di lakukan di dalam ruangan saja, tetapi bisa di lakukan di luar ruangan. menurut saya, pembelajaran dengan metode seperti ini dapat membangkitkan semangat belajar siswa-siswi nya, karena mereka dapat mengunjungi atau melihat langsung objeknya karena disuguhi dengan beraneka ragam hewan-hewan yang ditinjaunya. dan ternyata disana tidak hanya berbagai binatang saja tetapi banyak juga terdapat berbagai macam tumbuhan yang rindang.
    Selain menambah semangat belajar para siswa siswinya, metode seperti ini sangat dianjurkan bagi siswa-siswi yang malas dalam belajar dan suka mengalami kejenuhan dalam belajarnya. sebaiknya metode pembelajaran ini lebih sering diadakan di luar kelas, supaya siswa dan siswi lebih mengenal lingkungan di sekitarnya dan termotivasi untuk menjaganya.

    Kartika Cahya P. X-5/19

    BalasHapus
  23. menurut saya pembelajaran di luar sekolah perlu agar siswa tidak bosan jenuh di kelas ataupun di lingkungan sekolah yg lainnya, kegiatan di kebun binatang beramain sambil belajar selain menambah wawasan siswa pun lebih enjoy.

    rivan ari pratama (33)X-5

    BalasHapus
  24. Menurut saya pembelajaran di luar sekolah ini sangat efektif selain agar siswa tidak jenuh tetapi menambah wawasan setiap siswa untuk mengetahui jenis jenis hewan dan nama nama latin setiap hewan .

    Fariq Fauzan M (12)
    X-4

    BalasHapus
  25. Menurut saya pembelajaran dengan mendatangi kebun binatang sangat bermanfaat dan efektif untuk siswa, karena kita bisa langsung meneliti dan melihat keanekaragaman hewan-hewan dan spesies hewan-hewan disana dari mulai hewan herbivora,karnivora maupun omnivora yang ada di kebun binatang.Dan dengan metode pembelajaran keluar kelas ini juga bisa membuat kita tidak jenuh dan bosan karena belajar di kelas terus, setidaknya untuk kita refreshing dengan melihat hewan-hewan dan tumbuhan yang hijau-hijau.


    Rifky Fauzan S (32)X-5

    BalasHapus
  26. saya sependapat dengan ibu.. metode ini sangat bermanfaat bagi siswa-siswi yang jenuh belajar dalam kelas apalagi yang malas belajar.. di sisi lain kita lebih akan mengerti pembelajaran yang kita pelajari bila terjun langsung ke lapangan seperti kunjungan ke kebon binatang ini...
    rata-rata siswa-siswi lebih senang belajar yang terjun langsung kelapangan (praktek) alangkah lebih baiknya kegiatan seperti itu di lebih seringkan diadakan sebab kegiatan seperti itu membuat siswa-siswi menjadi tidak jenuh dengan terlalu banyaknya materi di dalam kelas.


    Ismi Anita Saleh (18)X-5

    BalasHapus
  27. menurut saya, kunjungan ke kebun binatang ini sangat efektif bagi para siswa. Selain dapat belajar sambil bermain yang tidak membuat jenuh, kunjungan ini lebih memudahkan para siswa untuk mengklasifikasikan hewan hewan yang ada di kebun binatang.


    Muhammad farras (26)X-5

    BalasHapus
  28. menurut pendapat saya belajar dikebun binatang kemarin adalah salah satu pembelajaran yang sangat bermanfaat bagi siswa siswi selain kita bisa melihat langsung jenis jenis hewan yang ada disana, kita juga dapat langsung membaca klasifikasi hewan hewan tersebut secara langsung, hal ini yang membuat anak anak tidak bosan karena biasanya hanya melihat digambar atau hanya dijelaskan didalam kelas, tidak seperti ini yang langsung membaca dan melihat jenis jenis hewan yang ada disana. mungkin sebagian anak anak mengharapkan agar pembelajaran seperti ini lebih sering dilakukan.

    Viona Aprilliani Azizati (39)X-5

    BalasHapus
  29. Menurut saya metode pembelajaran yang dilakukan diluar kelas sangat bermanfaat sekali , selain itu metode pembelajaran ini juga menambah wawasan siswa yang asalnya tidak tau menjadi tau . Kebanyakan siswa biasanya lebih senang dengan metode pembelajaran seperti ini , karna selain lebih menyenangkan , metode pembelajaran ini juga lebih mudah , cepat dipahami . Siswa jadi lebih tau dengan langsung klasifikasi hewan yang diamatinya . Sebaiknya metode pembelajaran seperti ini lebih ditingkatkan lagi selain menyenangkan , juga lebih mudah dipahami .



    Tami Apriliani(36) X-5

    BalasHapus
  30. menurut saya kegiatan ini sangat menarik. belajar dikelas dan melihat materi hanya dari buku kadang membuat jenuh. kegiatan belajar diluar ruangan seperti inilah yang dibutuhkan. saya suka kegiatannya. semoga masih ada kegiatan seperti ini untuk selanjutnya.

    zidnie silmi kaffah (41) X-4

    BalasHapus
  31. Menurut pendapat saya, diadakannya kegiatan ini sangatlah bermanfaat bagi siswa/i nya. Selain menarik, juga dapat menambah wawasan. Dan metode pembelajaran seperti ini dapat membuat para siswa dan siswinya tidak jenuh.

    Sheila Afifah Santoso (35) X-5

    BalasHapus
  32. menurut saya,pembelajaran untuk pengelompokan animalia yang di lakukan di kebun binatang kemarin sangat bermanfaat dan menyenangkan.Karna kami bisa melihat langsung macam-macam jenis pengelompokan hewan berdasarkan alat gerak,filum,kelas,genus,spesies dan juga ciri khusus yang dimiliki setiap hewannya. Cara pembelajaran di luar sekolah pun membuat kami tidak bosan dan menemukan banyak hal baru tentang hewan.


    Putri Ferlianda K x-5/29

    BalasHapus
  33. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  34. Menurut saya, pembelajaran biologi mengenai materi Animalia yang dilakukan 5 Maret 2013 kemarin cukup membawa angin segar bagi siswa, karena siswa yang sudah merasa jenuh dengan pembelajaran-pembelajaran yang dilakukan dikelas, siswa akhirnya dapat sedikit refreshing dan terjun langsung ke lokasi penelitian untuk mempelajari materi animalia lebih dalam. Pembelajaran ini juga membawa banyak manfaat karena tidak hanya mengetahui tentang klasifikasinya saja siswa juga dapat membedakan secara langsung terkait hewan-hewan yang diteliti baik secara fisik maupun nonfisik. Jadi siswa tidak hanya mendapat pengetahuan mengenai materi yang dipelajari, siswa juga dapat belajar lebih banyak mengenai macam hewan diluar materi yang dipelajari.

    Elvina Ar-Raffi Widyanti (10)
    X-5

    BalasHapus
  35. pembelajaran di luar kelas seperti di kebun binatang ini sangat bermanfaat dan menarik bagi saya karena selain refresing menghilangkan jenuh jika terus menerus terpaku akan buku , kita juga dapat melihat dan di memahami secara langsung materi yang di sajikan. saya sangat suka dengan adanya kegiatan seperti ini semoga selanjutnya masih ada kegiatan outdoor lainnya

    putri nidaan khofiya(28) X-4

    BalasHapus
  36. tentu mengasikan bila kita bisa belajar diluar kelas atau laboratorium, karna biasa nya belajar dikelas akan mudah ngantuk dan jenuh sehingga tidak akan fokus pada pelajaran yang sedang dibahas.
    dan sekarang kita belajar langsung dikebun bintang tentunya mengasikan sekali, bisa belajar sambil bermai, melihat kebiasaan binatang, melihat kebiasaan mereka secara langsung sehingga kita lebih mengetahui klasifikasi-klasifikasinya dibanding hanya membaca buku.

    melli amorini nur (20) X-5

    BalasHapus
  37. Menurut saya metode pembelajaran seperti ini sangat menarik,menyenangkan,memberikan pengalaman dan memberikan manfaat. Dengan metode seperti ini menurut saya para siswa siswi tidak merasa bosan dan jenuh,dan manfaat yg saya dapat dengan metode ini saya menjadi lebih memahami pembelajaran tentang klasifikasi hewan karena saya melihat langsung objek yg sedang dipelajari.







    Elsa selvia nadiana (09)
    X-5

    BalasHapus
  38. Saat saya diberitahu bahwa kita akan mengadakan pembelajaran di Kebun Binatang,jujur saya senang. Kenapa,karena saya bisa lebih mengetahui hewan yang sebelumnya belum pernah dilihat,dan bisa mengetahui nama nama ilmiahnya. Kegiatan pembelajaran outdoor seperti ini harus lebih ditingkatkan agar siswa-siswinya tidak jenuh karena pembelajaran hanya disuguhkan oleh buku saja. Dengan adanya pembelajaran outdoor ini, otak bisa di istarahatkan sejenak dengan cara melihat pemandangan dan binatang - binatang yang beragam.

    Terimakasih, Firda Mahlein(13) - X4

    BalasHapus
  39. Pembelajaran ke Kebun Binatang, menurut saya sangat menarik dan menyenangkan bagi kita. Selain kita bisa rekreasi, kita juga bisa mendapat pengetahuan tentang berbagai jenis hewan yang ada. Karena kita dapat melihatnya langsung, kita bisa dengan lebih mudah membedakan setiap jenisnya, misalnya melalui ciri-ciri dari hewan-hewan tersebut. Pembelajaran diluar kelas ataupun diluar lingkungan sekolah dapat membuat belajar lebih menyenangkan, mudah dan pastinya sangat bermanfaat bagi kita

    Atika Zahara (04) X-5

    BalasHapus
  40. Suasana yang berbeda, cara belajar yang berbeda dan lingkungan yang berbeda membuat saya menikamati belajar di luar kelas ini. kebun binatang adalah tempat tepat untuk saya untuk memahami karakteristik atau ciri-ciri hewan-hewan yang berada disana. Informasi yang ada di setiap tempat hewan sangat membantu sekali dalam mengenal lebih dekat dengan karakteristik hewan tersebut. suasana dan pemandangan yang indah memberikan efek positive, saya lebih semangat. dengan diadakannya belaajar diluar kelas ini, akan memberikan suasana yang berbeda, dan belajar menjadi mudah dan menyenangkan. terima kasih.



    Khoirunnisa Fauziah A.
    X-4/19

    BalasHapus
  41. Menurut saya, belajar biologi lebih asyik jika kita melihat langsung contohnya. Ya,kita ambil contoh pergi ke kebun binatang selasa kemarin. Para siswa maupun siswi tidak hanya melihat namun memahami apa yang mereka lihat. Dengan diberi lembaran kertas yang isinya tentang nama spesies,kelas,ciri morfologi,dll, itu membantu agar kita juga dapat mengidentifikasi binatang yang ada.
    Belajar di ruang outdoor juga memberi manfaat lain selain menambah ilmu pengetahuan, otak kita akan seperti di refresh ulang karena menghirup banyak oksigen yang baik untuk tubuh. Karena di sekolah kita terbiasa di dalam ruangan.

    Terimakasih!
    Shabila Yubi Mayosa/34 X-4♥

    BalasHapus
  42. menurut saya pembelajaran sepertin ini sangat menarik sekali karena para siswa dapat belajar biologi secara langsung, selain itu para siswa menjadi lebih semangat dalam belajar dan juga lebih mudah mengnal hewa-hewan yang diamati beserta klasifikasi hewan tersebut. pembelajaran seperti ini sangat bermanfaat sekali bagi para siswa, karena selain siswa menjadi semangat dalam belajar juga membuat siswa menjadi tidak bosan dan jenuh dalam proses pembelajaran. dan juga dengan metode pembelajaran seperti ini dapat memacu para siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran.

    Terimakasih
    Erik Akbar Maulana
    X-4 / 11

    BalasHapus
  43. menurut saya, belajar biologi di luar sekolah sangat penting karena bisa menambah banyak ilmu dan memahami hewan-hewan yg ada disekitarnya, yang isinya nama spesie,ciri-ciri,dll.
    sedangkan belajar biologi di dalam kelas hanya mengetahui teori-teorinya saja.



    Terimakasih
    Noviani Karida (28) X-5

    BalasHapus
  44. menurut saya,pembelajaran ini sangat inovatif,karena selain kita bisa belajar kita juga dapat merefres diri kita karena berkunjung ke kebun binatang ini.
    selai itu kita dapat melihat secara langsung objek dari apa yang kita pelajari.kita juga dapat mengetahui secara langsung bagaimana bentuk,makanan,dan klasifikasi dari hewan-hewan yang kita amati.


    Terimakasih
    Rizal Zulfikar
    X.6/33

    BalasHapus
  45. Menurut saya, pembelajaran lingkungan hidup secara outdoor membantu sekali,karena dengan metode ini, kita dapat memahami isi,juga konsep dari materi yang ada lebih dalam.

    Salam,
    Luthfia Silmi
    X.6/(20)

    BalasHapus
  46. menurut saya, pembelajaran seperti ini sangat bermanfaat selain dapat mengetahui klasifikasi hewan-hewan yang belum kita ketahui juga membuat para siswa & siswi tidak ngantuk dan bosan. semoga pembelajaran seperti ini dapat terlaksanakan lagi,


    terima kasih
    R.Harioprabowo
    X-4
    absen 29

    BalasHapus
  47. Menurut saya, pembelajaran ini sangat bermanfaat dan menyenangkan, karena belajar di kelas atau laboratorium terus-menerus membuat kita jenuh. Dengan belajar di kebun binatang ini kita dapat melihat dan mengidentifikasi secara langsung hewan-hewan yang kita amati. Semoga kegiatan pembelajaran ini lebih sering dilakukan.



    Wulan Nur Latifah
    X.6/40

    BalasHapus
  48. PEMBELAJARAN BIOLOGI DI KEBON BINATANG BANDUNG ??
    hmmmmmmm pembelajaran seperti ini menurut saya sangat bagus ,disamping kita "refreshing" belajar di alam terbuka ,kita dapat lebih mengenal banyak tentang organisme-organisme khususnya "Animalia" di alam terbuka yang belum kita ketahui dan hal ini sangat bermanfaat dalam menambah wawasan kita seperti kita bisa melihat langsung hewan yang biasanya kita hanya bisa melihat di media elektronik ataupun media cetak dan kita juga dapat mengetahui seperti nama ,nama latin ,species DLL
    dengan hal seperti ini "belajar di alam terbuka dengan melihat/praktik langsung objek yang dipelajari" siswa/i dapat lebih memahami pembelajaranya seprti yang saya rasakan

    Umar Said Aghil Sirad
    X-6 Absen 38

    BalasHapus
  49. seru seru seru... udah lama gak ke BONBIN (KEBON BINATANG.
    Bisa tau deh secara langsung pengelompokkan hewan Animalia,secara tidak langsung kita bisa menyelam sambil minum air(jalan-jalan sambil belajar).Tapi sayang binatang jerapahnya gak ada di KEBON BINATANG BANDUNG,trus Klasifikasi untuk penjelasan binatangnya ada yang kumplit ada yang kurang,binatang-binatang nya pun sudah tua jadi kasian liat nya apa lagi oarang utanya kasian cuman berdua dan yang satu oarng utanya terlihat frustasi.
    Yah semoga KEBON BINATANG nya bisa lebih di perbaiki lagi.AMIN...
    Lain kali kita belajar di luar lagi yah Bu...

    Zahra Noerjanah Usmany
    X-6/41

    BalasHapus
  50. pendapat saya tentang proses pembelajaran diluar kelas(kebun binatang) menurut saya sangat menarik sehingga tidak membuat pelajar bosan karena jika belajar didalam kelas terus menerus membuat pelajar jenuh sehingga dampaknya pelajar tidak mendengarkan atau tidak terlalu memperhatikan pelajaran yang disampaikan


    Fauzi Nadia
    X.6/13

    BalasHapus
  51. Menurut saya, pembelajaran ke kebun binatang ini sangatlah menyenangkan dan bermanfaat. Mengapa? Karena kita dapat belajar dengan suasana yang baru, kita tidak terpaku dengan keadaan kelas atau lab saja. Keadaan itulah yang sering membuat kita menjadi mudah bosan dan akhirnya mengantuk. Pembelajaran ini juga dapat menambah wawasan para siswa tentang pengelompokan hewan (Animalia). Selain itu juga kita dapat mengidentifikasi secara langsung objek-objek di tempat tersebut seperti mengidentifikasi ciri-ciri tubuhnya.
    Semoga dengan adanya kegiatan pembelajaran seperti ini, saya dapat lebih semangat lagi dalam belajar biologi.

    Terimakasih.
    Salma Fauzia Azka
    X-5 (34)

    BalasHapus
  52. Menurut saya pribadi, kegiatan pembelajaran biologi yang diadakan di Kebun Binatang Bandung kemarin merupakan dua hal yang sangat bermanfaat. Pertama,siswa dapat belajar serta mendapat ilmu baru, dan yang kedua, hal ini bisa dijadikan sebagai sarana rekreasi ataupun juga sebagai sarana pelepas stress. Mengapa saya sebut demikian? Karena dengan aktivitas maupun kebiasaan kegiatan belajar mengajar yang rutin disekolah dengan cara klasik, kadangkala membuat siswa merasa jenuh serta kebutuhannya kurang terpenuhi, yaitu kebutuhan dimana para siswa ingin terjun langsung untuk melakukan apa yang mereka pelajari atau bisa dibilang siswa ingin pembelajaran yang bersifat praktikalnya, tidak selalu teoritis.
    Saya yakin, pasti semua siswa berpendapat sama tentang apa yang mereka dapat di Kebun Binatang Bandung. Pastinya, kegiatan tersebut memberikan ilmu baru dan pengalaman untuk kita,para siswa. Tetapi harapan saya untuk semua siswa, semoga apa yang telah mereka dapat dari kegiatan tersebut, bukan hanya sebagai ilmu sesaat yang akan mereka lupakan nantinya, tetapi sebagai bekal ilmu yang akan selalu diingat dan dipelajari. Dan juga,dengan kegiatan ini, diharapkan dapat memberikan kesadaran pada kita semua akan keanekaragaman fauna yang harus selalu kita lindungi dan lestarikan. Serta tidak lupa juga, kita harus selalu bersyukur kepada Allah SWT akan kebesaran dan kuasanya telah menciptakan makhluk ciptaannya yang begitu beragam dan luar biasa.
    Saya rasa cukup sekian komentar saya. Mohon maaf jika ada salah kata ataupun yang menyinggung. Dan juga saya ucapkan terimakasih kepada Ibu Tati, selaku guru biologi dan juga guru-guru PPL yangmenjadikan kegiatan ini lancer.

    Dwiki Panji K
    Kelas X-5/No. Absen 08

    BalasHapus
  53. Pembelajaran di kebun binatang banyak manfaatnya kita dapat mengetahui macam-macam hewan vertebrata selain itu kita tahu ciri khas,makanan,nama latin,nama daerah dan kelas dari hewan vertebratadan kita bisa tahu hewan mana saja yang sudah punah dan hewan yang dilindungi.

    Wulan Maulani
    kelas X-5/41

    BalasHapus
  54. menurut saya, pembelajaran di kebun binatang sangat menarik kerena bbelajar nya bisa lebih fresh tidak jenuh. lebih paham karena dapat melihat langsung bagaimana ciri-ciri dan klasifikasi hewan hewan yang ada di kbun binatang. dan satu lagi, metode pembelajaran di luar kelas ini bisa membuat para siswa lebih mandiri karena siswa sendiri yang mencari tahu tentang ciri-cirinya dan klasifikasinya. jadi tidak seperti anak tk lagi yang harus dibimbing kemana-mana. lain kali belajar di luar lagi ya bu biar enggak ngantuk.

    Desi Yuliyanti
    kelas X-5 (06)

    BalasHapus
  55. menurut saya pembelajaran di kebun binatang bandung sangat menyenangkan, karna kita dapat mengetahui lebih banyak keanekaragaman hayati, kan kalo belajar di kelas atau di laboratorium itu sangat membosankan kadang" juga suka ngantuk.


    Aprista GM
    x-6

    BalasHapus
  56. menurut saya, pembelajaran di kebun binatang itu tdk membuat jenuh sangat menyenangkan dan lebih bisa menambah wawasan lebih luas. lebih bisa meneliti jenis" hewan yang belum kita ketahui dan secara langsung. kegiatan ini juga dapat membuat siswa siswi lebih rajin dan mandiri. kalau bisa lebih serimg di adakan pembelajaran di luar kelas lagi ya buu :)


    Putri Sartika D
    x-6

    BalasHapus
  57. menurut saya kegiatan di kebun binatang sangat menyenangkan karna bermanfaat karna saya dapat melihat langsung hewan" yamg belum pernah saya amati, dan bisa mengamati klasifikasi hewan dengan senang hati.


    Eva Alvianti
    x-6

    BalasHapus
  58. Menurut saya,proses pembelajaran di luar kelas seperti di Kebun Binatang Bandung banyak nilai positifnya. Selain kita dapat melakukan kegiatan pembelajaran yang lebih mudah dipahami, kita juga bisa melihat langsung begitu banyaknya jenis hewan. Jika kita melakukan proses pembelajaran itu di kelas mungkin kita tidak sepenuhnya tahu klasifikasi serta ciri dari beberapa hewan yang diamati. Dengan suasana yang tidak terlalu baku/formal seperti dikelas, saya bisa lebih memahami tentang materi yang diberikan,tentang Animalia.


    Rika Nur Apriani (32)
    X-6

    BalasHapus
  59. menurut saya, pembelajaran di Kebun Binatang ini bermanfaat dan sangat menarik, karena dapat melihat, dan mempelajari secara langsung jenis hewan maupun habitatnya yang menjadi ciri-ciri setiap hewan, dan pembelaran di luar bisa menyatu dengan alam dari pada belajar di dalam ruangan (kelas).

    Putri Afiifah ( 27 )
    X-4

    BalasHapus
  60. menurut saya dengan diadakan nya pembelajaran di kebun binatang itu sangant menarik dan sangat bagus bagi para siswa karena kalau hanya diterangkan saja kadang ada yang masuk kadang tidak,lalu bisa juga apa yang di bayangkan oleh para siswa tidak sesuai dengan wujud asli dari binatang ter sebut.
    lalu di sana juga saya lebih bisa mengelompokan hewan hewan yang saya jumpai, saya juga bisa melihat hewan hewan yang tidak pernah saya jumpai seperti hewan muka-muka, burung jalak bali, komodo, dan masih banyak lagi.
    di sana juga saya bisa membedakan mana hewan yang di lindungi dan hewan yang tidak di lindungi. masukan saya adalah supaya kegiatan ini di adakan sebulan sekali. terimakasih

    Deviya Zahra R (07)
    X-5

    BalasHapus
  61. Menurut pendapat saya, kegiatan lapangan ingin sangatlah bermanfaat dan motivasional. Sembari melepas kejenuhan siswa di sekolah, kegiatan ini juga memberi kesempatan kami,para siswa dari kelas yang berbeda dapat belajar bersama. Banyak informasi yang menambah wawasan saya mengenai dunia binatang disana, seperti warna tubuh, tingkah lakunya, dan jenis makanannya. Banyak binatang unik yang menarik untuk saya amati disana sampai berlama-lama berada di kebun binatang. Saya berharap agar sekolah dapat terus mengadakan kegiatan seperti ini lebih sering lagi sehingga kami para siswa tidak terlalu jenuh belajar di dalam kelas terus.
    Terima kasih.

    Angga Pratama (03)
    X-6

    BalasHapus
  62. Pembelajaran biologi mengenai materi Animalia ini sangatlah menarik dan beda dari biasanya. Dengan adanya pembelajaran outdoor ini, kita jadi tidak jenuh dan terhindar dari proses KBM yang monoton atau itu-itu saja (dalam kelas). Saat pembelajaran Animalia di Kebon Binatang Bandung, tidak hanya ilmu yang saya dapatkan, tetapi saya dan teman-teman saya juga mendapatkan pengalaman baru yang menyenangkan. Saya juga jadi tahu tentang bermacam-macam hewan yang sebelumnya belum pernah saya lihat.
    Saya mengharapkan akan lebih banyak lagi pembelajaran di luar ruangan yang menarik seperti pembelajaran di Kebon Binatang Bandung ini supaya belajar jadi lebih menyenangkan dan materinya pun jadi mudah dimengerti..



    Tiara Royani Rahmadini
    Absen 37
    Kelas X.6

    BalasHapus
  63. menurut saya, pembelajaran diluar kelas seperti di kebun binatang untuk pembelajaran hewan vertebrata sangat bertmanfaat memang seharusnya di tempat yang mencontohkan banyak hewan vertebrata agar kita dapat mengetahui contoh hewan serta mencari tahu tentang pengelompokan hewan (animalia)
    dan lebih menarik karena kita dapat melihat langsung tentang contoh hewan serta kita dapat mencari hiburan dan liburan dan kita mendapatkan ilmu baru serta pengalaman baru setelah pulang sekolah bersama siswa-siswa lainnya di Kebun Binatang Bandung...

    Sisilia Meilan (36)
    x-6

    BalasHapus
  64. menurut saya pembelajaran di luar area skolah seperti di kebun binatang samgat menarik jadi pembelajaran tidak terasa membosankan. pembelajaran dengan langsung meninjau hewan membuat saya lebih mengerti di bandingkan hanya membaca teori saja
    saya berharap belajar di luar area sekolah dapat d terapkan di materi lainnya:)

    endah permatasari x.6
    absen 10

    BalasHapus
  65. menurut saya pembelajaran dikebun binatang sangat menyenangkan dan menarik karena siswa-siswi tidak jenuh/ bosan belajar didalam kelas/labolatorium, siswa-siswi juga dapat mengamati hewan secara langsung bagaimana wujudnya,ciri-cirinya, klasifikasinya sehingga lebih mudah untuk dimengerti. selain itu juga siswa-siswi dapat bertukar informasi dengan kelas lain. terimakasih

    hani helina (16) X-6

    BalasHapus
  66. menurut saya pembelajaran di kebun binatang ini sangat menarik. pembelajaran jadi tidak terlalu monoton, yang setiap harinya siswa terus belajar di dalam kelas dan hanya terpaku dengan buku, sekarang siswa dapat merasakan belajar ditambah refreshing sehingga tidak terkesan membosankan dan bisa menghilangkan penat para siswa dalam mengerjakan tugas

    Annisa Diana P. (4) X-4

    BalasHapus
  67. Menurut saya pembelajaran di Kebun Binatang tentu lebih menarik
    dan lebih mudah untuk dipahami, siswa lebih bebas menganalisa hewan dengan leluasa tanpa disulitkan oleh gambar seperti yg biasanya dilakukan dikelas. Tetapi kecenderungan siswa untuk tidak serius juga besar, tentu ada siswa yg hanya mencontek pekerjaan temannya, sehingga tidak efektif. Tetapi dengan begitu siswa juga belajar bertanggung jawab untuk tidak melalaikan tugasnya dengan alasan tidak diawasi oleh guru. Tetapi pembelajaran di Kebun Binatang seperti itu tentu lebih edukatif walaupun sedikit tidak efektif.

    Dessy Kurnia P (08) X-6

    BalasHapus
  68. Menurut saya,metode seperti ini bagus untuk menambah wawasan mengenai spesies hewan yang ada di kebun binatang dan juga lebih mengenal alam, bisa lebih memahami materi mengenai hewan karena sudah membuktikannya

    Ilham Rizky Sulaeman
    17
    x-6

    BalasHapus
  69. Pembelajaran Biologi di Kebun Binatang Bandung merupakan salah satu alternatif dalam menyampaikan ilmu pendidikan khusunya untuk hewan Vertebrata (hewan bertulang belakang) akan sulit jika menjelaskan dengan hanya melihat gambarnya saja, alangkah baiknya kita memanfaatkan salah satu sarana yang dipunyai oleh Kota Bandung. Nilai positif dari pembelajaran di Kebun Binatang adalah belajar dengan suasana yang lebih kondusif dibandingkan dengan belajar dikelas, karena para siswa tidak dikekang untuk berduduk manis dan memperhatikan kedepan. Dengan pembelajaran di kebun binatang para siswa lebih enjoy, belajar sambil tertawa tanpa beban. Selain itu juga, dengan dilakukannya pembelajaran di kebun binatang ini, para siswa akan lebih mudah mengingat hewan baik secara fisik maupun secara morfologi. Tetapi disamping itu, ada beberapa kekurangan dalam kegiatan ini seperti jarak kebun binatang yang sangat luas memungkinan para siswa lelah dalam setengah perjalanannya, dan memutuskan untuk menyalin pekerjaan temannya. Mudah mudahan pembelajaran diluar kelas tidak hanya ada di biologi saja, melainkan pelajaran yang lainnya. Terimakasih.

    Fitri Setiawati (15) X-6

    BalasHapus
  70. menurut saya pembelajaran kali ini sangat menyenangkan bagi para siswa namun ada lebih baiknya apabila guru pun ikut mendampingi siswa untuk menjelaskan klasifikasi animalia tersebut.Dan saya mendukung apabaila metode pembelajaran seperti dilaksanakan kembali pada materi-materi berikutnya karena dengan cara belajar diluar kelas kita lebih mendapatkan wawasan secara langsung dari alam dibandingkan kita hanya duduk dikelas dan mendengarkan teori dari sumber yang sama saja.

    adiny elisanty (01) X6

    BalasHapus
  71. menurut saya dengan diadakannya pembelajaran di luar sekolah atau di kebun binatang ini sangat menyenangkan namun disisi lain pembelajaran kali ini terasa melelahkan dan kurang efektif, tetapi sangat menambah wawasan dan kita bisa lebih dekat dengan alam sekitar, selain itu kita juga dapat mengamati klasifikasi hewan secara lebih detail.

    Aulia Lika Nadila(05)X6

    BalasHapus
  72. menurut saya,dengan pembelajaran di Kebun Binatang ide yang sangat bagus. kita jadi bisa lebih mengenal binatang-binatang yang sebelum nya kita tidak mengetahui. belajar disana tidak membosankan, karena setiap harinya kita monoton selalu brlajar di kelas dan itu sangat membosan kan dan malah membuat kita tidak semangat belajar. semoga pembelajaran diluar kelas semakin banyak buat biologi maupun buat pelajaran lain nya.

    Kintan Utami Putri(19)X6

    BalasHapus
  73. menurut saya cara pembelajaran ini efektif dan menyenangkan namun padaa saat pelaksanaannya saya merasa lelah dan bosan.tapi buaat lah lebih banyak kegiatan di luar sekolah

    mentari haedinur p(21)X6

    BalasHapus
  74. menurut saya pembelajaran di kebun binatang ini sangat bermanfaat karena dapat mengenal berbagai macam binatang,dan membuat siswa tidak merasa bosan karna belajar terus di kelas.

    Anita Desiana R(3)X-4

    BalasHapus
  75. menurut saya pembelajaran biologi di kebun binatang merupakan salah satu inovasi yang baik hanya saja kurang efektif, karena ada beberapa siswa yang malah mencontek hasil LKS dari teman nya, jadi kesan nya kaya yang bukan belajar malah rekreasi lalu kurang nya guru yang mendampingi.
    Positifnya dengan pembelajaran di kebun binatang, siswa akan mudah mempelajari klasifikasi hewan tertentu, karena dapat melihat langsung objek tersebut, tidak sebatas dari buku atau gambar saja.
    untuk kedepannya diperbanyak lagi acara2 seperti ini haha

    terimakasih,
    Muhammad Fahmil F
    X-6(25)

    BalasHapus
  76. menurut saya kegiatan ini sangat bermanfaat karena kita bisa melihat secara mendetail hewan-hewan yang kita pelajari,oleh karena itu kegiatan ini dinilai sangat baik bagi pembelajaran

    terima kasih
    Rifal nur goib
    X.6/31

    BalasHapus
  77. menurut saya kegiatan pembelajaran diluar kelas ini sangat bermanfaat bagi kami karena selain memiliki banyak manfaat pembelajaran diluar kelas ini juga dapat menjadi alternatif pembelajaran agar kami tidak jenuh karena terus belajar di dalam kelas

    Fatharani Maraya
    X.6/12

    BalasHapus
  78. menurut saya kegiatan tersebut sangat menarik dan menyenangkan. Karena kita bisa melihat secara langsung hewan-hewan yang biasanya kita lihat digambar.

    Shalma Nastitie I
    X-4/35
    terimakasih

    BalasHapus
  79. pembelajaran di kebun binatang? saya rasa ini metode yang berhasil, jujur saya pribadi saya sangat menikmati metode seperti ini. siswa diajak untuk belajar tanpa merasa sedikitpun kejenuhan, apa yang kami dapat pun merupakan hal positif. selain kita menjadi tahu hewan hewan yg belum pernah kami lihat, itu pun sekaligus merupakan sebuah refreshing. hal cukup efektif menghilangkan penat kami karena kejenuhan belajar di dalam kelas. harapan saya kegiatan seperti ini dilakukan jangan hanya satu kali untuk kedepannya.


    firhan yusuf fauzan (14)X-6

    BalasHapus
  80. menurut saya metode belajar seperti ini sangat perlu di lakukan untuk merefresh diri seorang siswa dan juga agar siswa mengetahui secara langsung hewan-hewan yang di maksud dalam pelajaran,bila belajar terus menerus dilakukan didalam kelas atau lab pasti siswa merasa jenuh dan bosan

    Septiani X.6
    Absen 34

    BalasHapus
  81. menurut saya proses belajar di luar sekolah dapat membuat siswa dan siswinya lebih semangat dibandingkan belajar di dalam kelas dan lab. karena pembelajaran di luar sekolah dapat membuat siswa tidak merasa jenuh dan pembelajaran di luar sekolah akan lebih mudah di lakukan dibandingkan di dalam kelas dan lab



    Meri Herdyana P (21)
    x-5

    BalasHapus
  82. menurut saya pembelajaran dikebun binatang sangat bagus jarena kita dapat mengamati hewan secara langsung, lebih mudah dipahami dan dimengerti. selain itu juga agar tidak bosan belajar didalam kelas terus. saya harap pembelajaran diluar kelas sering dilakukan. terimakasih


    wira raven aw (39) x6

    BalasHapus
  83. Assalamualaikum.wr.wb
    Saya Nuhha dari kelas X6. Menurut pendapat saya sistem pembelajaran di luar kelas seperti ke kebun binatang merupakan inovasi pembelajaran yang baru. Menurut saya pembelajaran biologi harus dilaksanakan diluar kelas sesekali supaya kita mengetahui secara langsung objek pembelajaran yg sedang kita pelajari. Terimakasih

    Nuhha Muhammad (27) X6

    BalasHapus
  84. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  85. Menurut saya ini pembelajaran sangat baik karena bisa melihat langsung objek yang dipelajari menambah wawasan juga selain itu siswa bisa bersenang senang dengan teman teman nya dan bisa saling berbicara mencangkup objek pembelajaran.

    Nama:Bibsyi Zakiyyannas Wildan (7) X6

    BalasHapus
  86. saya kira pembelajaran dengan cara ini dapat lebih mudah mengetahui klasifikasi dari setiap hewan & lebih semangat untuk mengetahuinnya.

    Nama : Irsan Saepuloh
    Kelas : X-4

    BalasHapus
  87. Menurut saya pembelajaran seperti ini selain bisa menambah wawasan bisa juga rekreasi untuk siswa yang bosan di kelas dan bisa menambah nilai efektif untuk siswa

    BalasHapus
  88. bagus sekali menurut saya karna belajar itu harusnya yang diterapkan bukan hanya materi tetapi langsung terjun kelapangan,agar murid -murid tidak mudah bosan, seperti pelajaran biologi ini.

    kelas:x-6
    Sman 9 bandung

    BalasHapus
  89. cara pembelajaran seperti ini sangat bagus untuk menambah wawasan diluar sekolah untuk murid-murid sma9. mungkin menurut saya pembelajaran diluar sekolah harus sering dilakukan agar anak-anak tidak bosan dan malas belajar dikelas dan dengan pembelajaran dengan cara ini sering diterapkan anak pasti senang dan tambah semangat untuk belajar. Terima Kasih.

    Nama:Ardha Akbari G.
    Kelas:X-4

    BalasHapus
  90. metode pembelajaran diluar kelas menurut saya sangat menarik,kami sebagai siswa maupun siswi pembelajaran diluar kelas sangat mempengaruhi minat belajar.Contohnya belajar dikebun binatang selain kita dapat lebih mengetahui tentang jenis dan pengelompokan hewan,kita juga dapat sekaligus berekreasi bersama siswa siswi sman9bdg lainnya.Kita juga dapat mengetahui pengetahuan secara langsung.terima kasih.
    Nama : Regyta Permata FH
    kelas: X-4

    BalasHapus
  91. menurut saya pembelajaran seperti ini sangat menarik karna kalau selalu di kelas kebanyakn kita hanya mendapatkan materi tetapi kalau belajar seperti ini kita lebih bisa mengenal dan lebih tau sebenarnya dan tidak selalu membuat kita jenuh maupun bosan

    Nama : Julaeli Rigita Dewi
    Kelas : X-4

    BalasHapus
  92. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  93. menurut saya bagus karena bisa menambah wawasan dan tidak membuat jenuh,dan kita bisa lebih mengenalnya langsung karena kalo dikelas kita hanya mengetahuinya secara semu

    NAMA: DESI DAMAYANTI
    KELAS: X-4

    BalasHapus
  94. pendapat saya dengan kita tugas mendatangi binatang binatang secara langsung menambah ilmu pengetahuan tentang binatang buas maupun jinak. dan saya sangat senang telah berkunjung ke kebun bintatang bersama murid murid kelas X sman9 Bandung, selain rame, dan menyenangkan juga.

    BalasHapus
  95. pendapat saya, pembelajaran di kebun binatang adlah kegiatan yang positif. disamping dapat menambah wawasan, juga dapat memberikan waktu untuk melakukan aktifitas bersama teman-teman. sayangnya kekiatan ini mengambil waktu sekolah alangkah baiknya jika kegiatan positif ini dilakukan pada hari libur saja

    Dwipanji A. Pangestu (X-6/09)

    BalasHapus
  96. menurut saya pembelajaran ini sangat baik karna menjadi hal baru bagi siswa dan juga tidak membuat siswa menjadi jenuh karna tdk hanya belajar di kelas tetapi diluar kelas yg bisa bh menambah pengetahuan dari siswa tersebut. Terimakasih.

    Ripa Miptah Salam/X-4

    BalasHapus
  97. pendapat saya pembelajaran diluar kelas sangat baik karena merupakan penyegaran dan dapat menambah wawasan siswa tentang alam.

    Aditya Nugraha Ekaputra(X4/01)

    BalasHapus
  98. Menurut saya pembelajaran seperti ini menarik menghilangkan rasa jenuh selain itu kita dapat belajar sambil bercanda melihat jenis2 hewan atau bisa juga berfoto dengan hewan tsb menabah wawasan pastinya

    Gita Tamara P
    X-4/14

    BalasHapus
  99. Menurut saya pembelajaran diluar kelas di kebun binatang ini menarik sekali karena kita bisa menghilangkan rasa jenuh kita yang terus-terusan belajar didalam ruangan. Menambah wawasan, pengetahun&pengalaman baru tentunya. KIta bisa mengetahui jenis-jenis animalia. Mengasyikan sekali..


    Melitha Dwi Putri
    X4/21

    BalasHapus
  100. pendapat saya mengenai pembelajaran dikebun binatang ini, selain bermanfaat juga sangat berguna, karena menambah wawasan baru seperti mengetahui hewan-hewan yang tidak kita ketahui sebelumnya. juga sangat menghibur, karena memberikan refreshing kepada anak-anak. yang paling penting belajarnya rame dan asikkk...


    Nada Khoiriyyah
    X4/26

    BalasHapus
  101. Menurut saya ternyata kebun binatang bukan saja sebagai tempat rekreasi atau berlibur saja,kebun binatang juga bisa sebagai sarana belajar. Contohnya belajar di luar kelas seperti di kebun binatang ini bisa membuat pelajar menjadi tidak jenuh,selain itu kita bisa melihat/mempelajari berbagai macam satwa di indonesia atau pun luar negeri dan menambah wawasan kita tentang,darimana asal mereka,apa spesiesnya dan hewan itu dilindungi atau tidak, selain itu kita bisa melihat hewan lebih dekat.


    SYIVA ISFIHANNI MULYANA
    X4/37

    BalasHapus
  102. Saya setuju dengan pendapat ibu tersebut karna menurut saya pembelajaran ini juga dapat mebuat saya melihat langsung satwa-satwa tersebut dan melihat fakta yang memang adanya mengenai ciri-ciri fisik, makanan, dan bagaimana tempat tinggalnya. Dengan ke Kebon Binatang ini juga membuat otak kanan kami terangsang dan membuat kami mudah mengingat juga, serta membuat belajar lebih menyenangkan karena kita belajar sambil berjalan-jalan, menghirup udara segar, badan menjadi bugar, juga bersama teman-teman yang menambah suasana lebih hangat. Meskipun dulu saya pernah ke Kebon Binatang tetapi maksudnya berbeda karna kali ini saya tahu apa guna dan arti dari nama latin. Sekian pendapat dari saya, semoga bermanfaat dan maaf bila ada kesalahan dalam perucapan atau pengertian. Terimakasih bu tati. -Ridli Shela Relita/X-4/32

    BalasHapus
  103. menurut diriku dan dirinya taufiq , pembelajaran ini sangat bermanfaat dikarenakan kita tidak hanya terpaku dengan suatu konsep yang ada di buku catatan kita atau yang kita dengar saja , tetapi dengan pembelajaran ini kita dapat melihat suatu fakta yang memang benar ada , selain kita dapat mengenal klasifikasi hewan secara langsung kita juga dapat melihat secara real bagaimana ciri , dan pengelompokan hewan hewan tersebut yang sebenarnya , dan selain kita belajar tentang klasifikasi pembelajaran ini membuat kita menemukan sebuah cara belajar yang bukan hanya dengan cara melihat membaca dan menghafal tetapi dengan cara datang langsung kepada object dan mengenali object tersebut dengan fakta apa yang kita teliti ... TAUFIQ BAGJA NUGRAHA / X-4 / 38 / Bandung / SMAN 9 tepatnya ( kumplit teuing )

    BalasHapus
  104. Pembelajaran di kebun binatang sangat berguna, seperti yang dikatakan Ibu. Dengan melihat langsung ke kebun binatang kita dapat melihat hewan-hewan secara langsung dengan mata kita sendiri, bagaimana cara mereka makan, hidup, berkembang biak, dst. Selain itu, kita dapat belajar menglasifikasikan makhluk hidup di kebun binatang (kecuali manusia), mengetahui nama-nama ilmiah yang bersangkutan, seperti nama ilmiah singa, ular, dan lain-lain.

    Dan yang paling penting, kita dapat belajar dari pengalaman melihat secara langsung kehidupan hewan-hewan dan tumbuhan-tumbuhan tersebut. Kita juga tahu bahwa hewan-hewan yang ada di kebun binatang tidak semuanya masih dalam jumlah banyak, sehingga kita harus melestarikannya. Terima kasih Bu Tati, maaf bila ada kesalahan yang saya lakukan, baik di blog ini maupun di dunia nyata. ._.

    Vyan Nanda R. (40)
    X-4

    BalasHapus
  105. pendapat saya mengenai pembelajaran dikebun binatang ini, sangatlah bermanfaat juga berguna, karena menambah wawasan baru seperti mengetahui hewan-hewan yang tidak diketahui sebelumnya oleh siswa juga sangat menghibur, karena memberikan bnyak suasana yang berbeda yang biasanya di indoor sekarang outdoor,mulai dari bau pun berbeda seperti dikelas.

    Dwi Anugerah S. (9)
    X-4

    BalasHapus
    Balasan
    1. pendapat saya pembelajaran dikebun binatang juga sangat membantu selain kita belajar kita bisa bermain dan menambah pengetahuan kita sedangkan dikelas sangat membosankan

      Husni Mubaroq (16)
      X-4

      Hapus
    2. Nama : yusti rani
      kelas : X MIA 1

      1.ya. karena disana terdapat objek/contoh nya secara langsung.

      2.kebun binatang. Karena disana terdapat contohnya sedangkan jika dikelas kita hanya belajar teorinya saja.

      3.senang. karena disana udara nya sejuk sedangkan di kelas penat jadi susah untuk konsen.

      Hapus
  106. Pendapat saya pembelajaran di kebun binatang sangat bagus karena kita bisa langsung melihat dan berinteraksi dengan hewan hewan disana dan melihat keuidupannya disana.

    Ghifari P
    Absen lama(18)
    Absen baru (16)
    X-Mia2

    BalasHapus
  107. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  108. Menurut saya,pembelajaran tentang binatang di kebun binatang sangat baik dan bagus,karena disana kita bisa langsung melihat fisik hewannya juga tidak membosankan karena kita bisa belajar sambil bermain


    Luthfi Harris
    X MIA-2
    Absen lama(25) baru (23)

    BalasHapus
  109. Menurut saya,pembelajaran tentang binatang di kebun binatang sangat baik dan bagus,karena disana kita bisa langsung melihat fisik hewannya juga tidak membosankan karena kita bisa belajar sambil bermain


    Luthfi Harris
    X MIA-2
    Absen lama(25) baru (23)

    BalasHapus
  110. nama : alfaraby gery ghafari (03)
    kelas : X-Mia 1

    1.ya , karena metode ini sangat efektif jadi kita dapat mengisi soal dengan mudah dan dengan melihat hewan hewan di kebun binatang ini kita dapat mengisi soal dengan mudah juga


    2, menurut saya lebih dimengerti di kebun binatang, karena di kebun binatang kita bisa melihat dengan rinci ciri-ciri hewan vetebratanya sedangkan di kelas kita belum tentu mengetahui ciri ciri hewan itu dengan rinci


    3, senang, karena kita selain bisa melihat langsung hewan hewannya kita juga bisa belajar dengan fresh karena suasananya yang enak sekali dan secara tidak langsung juga kita mengasah ingatan tentang ciri ciri , kelas , klasifikasi, yang kita pelajari di kelas

    BalasHapus
  111. Nama : hakeem cr
    Kelas : 10 mia 1
    Absen : 12

    1.Menurut saya belajar di kebun bintang lebih bisa di mengerti karena dapat melihat langsung binatang tersebut dan klsifikasi nya dan
    2.lebih mudah di kebun binatang karena kita bisa langsung melihat hewan tersebut
    3.kita juga bisa belajar sambil bermain

    BalasHapus
  112. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus