Rabu, 04 Mei 2016

Kebun Binatang Sebagai Media Belajar dalam Suatu Pembelajaran



Pada  UU RI  nomor  20 tahun 2003  bab 1, pasal 1 disebutkan bahwa peserta didik adalah anggota masyarakat yang berusaha mengembangkan potensi diri melalui proses pembelajaran. sedangkan pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar.
Lingkungan belajar yang dimaksud diantaranya adalah kebun binatang sebagai media pembelajaran dalam hal ini pada materi keanekaragaman binatang yang tergolong dalam kelompok vertebrata. 
Di dalam kebun binatang peserta didik dapat melihat langsung media asli yang dijadikan objek pengamatannya. 
Keuntungan dengan menggunakan media asli diantaranya adalah: 
1. ukuran sesuai
2. bentuk
3. mudah dilakukan pengamatan. 

TUGAS: 
1. Apakah kalian dapat mengamati binatang-binatang dengan mudah? Mengapa?
2. Mana yang kalian pilih belajar tentang dunia binatang vertebrata lebih paham di kelas atau di kebun               binatang? mengapa? 
3. Apakah kalian senang belajar di kebun binatang? Mengapa? 

174 komentar:

  1. Nama:Verel J.A
    Kelas:X-Mia1

    1.ya,karena kita dapat melihat langsung binatang-binatang tersebut

    2.menurut saya,lebih paham di kebun binatang.karena kita dapat melihat binatang itu langsung,dan lebih mudah untuk dipahami

    3.ya,karena kita dapat belajar dengan santai,dan dapat melihat berbagai binatang

    BalasHapus
  2. Nama : Annisa Aulya Sudjana
    Kelas : X-Ipa 4

    1. Menurut saya mengamatinya lumayan mudah karena jarak kandang dan kami yang mengamati cukup dekat sehingga binatang dapat terjangkau oleh pandangan mata.

    2.di kebun binatang, karena kita dapat langsung mengamati binatang yang sedang dipelajari tersebut, pikiran pun menjadi lebih fresh karena kita belajar tidak terfokus kepada materi dan buku seperti dikelas, kita pun sekalian belajar sambil bertamasya bersama teman.

    3.Saya senang belajar di kebun binatang, yang secara tidak langsung mengasah pikiran untuk mengingat dan menyimpulkan ciri-ciri dari binatang yang diamati, mengetahui klasifikasinya lebih lengkap, dan habitat hidup binatang yang kita amati serta cuci mata setelah belajar biologi yang sebelumnya dilakukan di dalama kelas, namun ketidaknyamanannya hanya fasilitas dan lokasi yang kurang terawat yang membuat proses belajar dan mengamati hewan menjadi terganggu, serta ada beberapa hewan yang seharusnya kita amati dan berada di kandang yang sudah ditentukan malah tidak ada disana, yang dampaknya kita menjadi tidak tahu bagaimana tampak dan rupa hewan tersebut secara langsung dan bukan hanya dari gambar saja.

    BalasHapus
  3. Nama:Mufqi Uwais
    Kelas:X.MIA-4

    1.ya, karena sudah tertera nama serta spesies hewannya dan dapat dilihat ciri-cirinya secara jelas

    2.di kebun binatang, karena kita bisa melihat langsung hewan aslinya dengan teliti

    3.ya, karena kita bisa belajar sambil melihat hewan dan pemandangan alam bersama teman teman

    BalasHapus
  4. nama : Bian Besthari
    Kelas : X-IPA 4

    1. Lumayan mudah. Saat mengamati hewan - hewan tersebut saya sedikit dipermudah dengan papan keterangan yang tersedia di depan kandang hewan tersebut walaupun masih banyak data yang tidak tertera di papa tersebut. Namun ada rasa kurang puas karena saya tidak dapat melihat hewan tersebut dengan jelas untuk tugas pengamatan hewan dari jarak pandang yang di tentukan oleh pihak kebun binatang.

    2.sebenarnya jika lebih memilih di luar atau di kelas, saya akan lebih memilih di luar kelas, karena kami (siswa) dapat dengan jelas mengamati dan melihat langsung hewan yang harus kami amati tanpa harus membayangkannya. Tetapi dengan kondisi di luar kelas yang tidak efektif membuat saya sedikit bingung dengan pembelajaran itu sendiri, karena tidak ada guru atau pihak kebun binatang yang menjelaskan lebih dalam tentang hewan yang sedang saya amati itu.

    3. Saya merasa senang namun saya kurang nyaman dengan lingkungan kebun binatang tersebut. Kebun binatang tersebut seperti tidak terurus dengan baik. Jalanan yang berlumut, kandang hewan yang berbau tidak sedap ketika saya melintas di depannya, dan tidak adanya tempat istirahat yang bersih dan strategis untuk digunakan membuat saya sedikit merasa risih dengan lingkungan tersebut.

    BalasHapus
  5. Nama: Muhammad Hafizh Muliakoswara
    Kelas: X- IPA 4
    1. Ya, karena saya dapat melihat binatang yang akan sama amati dengan jelas
    2. Di kebun binatang, karena di kebun binatang saya dapat melihat ciri-ciri hewan dengan langsung
    3. Ya, karena selain belajar, di kebun binatang juga saya bisa berekrasi dengan teman-teman. Saya juga senang belajar di alam terbuka

    BalasHapus
  6. Nama:Muhammad Iqbal Nurfauzi
    Kelas:X MIA 4

    1.Ya, terdapat beberapa penunjuk arah yang menunjukkan tempat kandang tersebut, namun ada beberapa tempat dimana tidak ada penunjuk arahnya sehingga kita bingung untuk mencari kandang yang akan kita amati.
    2.Di luar kelas, sehingga kita dapat mengamatinya secara langsung
    3.Senang, karena kita dapat secara langsung mengamati sesuatu yang kita pelajari.

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Nama:Ifrachy Humam
    Kelas:x mia 1

    1.ya.karena mudah diamati dengan jelas
    2.di kebun binatang.karena mudah diamati dan bisa melihat langsung dan kita bisa melihat tingkah laku hewan tersebut

    3.ya.karena sebagai ajang rekreasi sambil belajar

    BalasHapus
  9. Nama : M Faisal R
    Kelas : X MIA 1

    1. Ya dapat karena kita dapat melihat dan mengamati hewan hewan yang ada secara langsung serta dengan keterangannya yang ada disana walaupun ada beberapa hewan yang tidak memiliki keterangan.

    2. Di kebun binatang karena kita dapat mengetahui secara langsung ciri ciri dan bentuk hewan yang kita amati dan juga dapat dibantu dengan keterangan yang ada pada setiap kandang kandang hewan disana.

    3. Senang karena supaya tidak jenuh belajar di kelas terus menerus dan sekaligus refreshing dan mendapatkan suasana baru saat belajar.

    BalasHapus
  10. Nama : Muhammad Terry A
    Kelas : X MIA 4

    1. Ya, karena dapat secara langsung diamati

    2. Saya lebih memilih di luar kelas karena hewannya lebih mudah diamati, namun kadang data yang didapatkan bisa saja kurang/salah.

    3. Senang, karena mendapat suasana baru dan bisa melihat hewannya secara langsung

    BalasHapus
  11. Nama : robby anugerah akbar
    Kelas : X IPA 4

    1.ya, karena kita bisa langsung melihat/mengamati
    2.kebun binatang , karena jika dikelas ga konsen
    3.senang , karena kalau dikelas bosen
    2.

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. Nasya saskia
    X-mia 1
    1. Ya kita dapat mangamati binatang dengan mudah karena kita melihat binatang dengan langsung itu sangat mempermudah untuk kita mengetahui bentuk warna ciri ciri binatang tersebut.
    2. Saya lebih suka belajar langsung di kebun binatang tersebut agar kita mengetahui secara jelas binatang tersebut maupun dari teori ataupun secara langsung dengan begitu kita bisa sangat mudah memahi tentang binatang tersebut.
    3. Sangat senang karena kita bisa melihat berbagai macam species binatang dengan jelas dan membuat kita tidak bosan karena tidak membosankan

    BalasHapus
  15. 1. Ya, karena kita dapat mengamati hewan secara langsung dan jelas
    2.menurut saya, diluar kelas karena selain kita bisa melihat hewan secara langsung,kita bisa melihat ciri ciri hewan tersebut secara langsung juga
    3. Senang , karena sekalian refleshing dan belajar mengamati hewan sambil ber diskusi bersama teman teman

    BalasHapus
  16. 1. Ya, karena di kebun binatang bisa secara langsung melihat binatang-binatangnya dan di kandang binatang tersebut ada klasifikasinya jd bisa mengamati binatang tersebut dengan mudah.

    2. Di kebun binatang, karena dikebun binatang bisa secara langsung melihat binatang yang akan di amatinya.

    3. Senang, karena kalau belajar dikelas terkadang merasa bosan, dan kalau belajar dikebun binatang rasa bosennya hilang, dan di kebun binatang pun bisa sambil berekreasi bersama temanteman.

    BalasHapus
  17. Nama : Milani Ernawati
    Kelas : X MIA 1

    1. Ya. Karena selain kita dapat melihat secara langsung hewan yang kita amati, pihak kebun binatang juga sudah memberikan berbagai keterangan mengenai hewan yang diamati.

    2. Di kebun binatang. Menurut saya, belajar di kebun binatang akan lebih seru dari belajar di kelas karena kita dapat lebih dekat dengan alam dan dapat melihat hewan-hewan vertebrata secara langsung. Suasananya pun terasa lebih menyenangkan dan santai karena kita juga bisa sambil berwisata. Kita juga dapat lebih jelas melihat hewan yang akan kita amati dibandingkan belajar dikelas yang hanya melihat di internet saja.

    3. ya. karena, kita jadi lebih santai dalam belajar. Kita juga bisa berinteraksi dengan teman-teman sambil mendiskusikan masalah hewan-hewan yang ada di kebun binatang. Kita juga jadi bisa menambah wawasan tentang hewan-hewan karena sudah melihat secara langsung. Bahkan kita jadi tau hewan-hewan yang belum pernah kita lihat. Belajar jadi lebih seru dan asik.

    BalasHapus
  18. Nama: Hanifa Suryaning
    Kelas: X MIA 1

    1. Ya, karena hewan yang kita amati dapat dilihat secara langsung dan memudahkan kita untuk mengamati hewan-hewan.

    2. Di kebun binatang, karena di kebun binatang kita dapat melihat binatang vertebrata secara langsung. Hal tersebut membuat kita lebih paham tentang dunia binatang vertebrata.

    3. Ya, karena kita dapat mengamati binatang secara langsung dan lebih menyenangkan. Sehingga memudahkan kita juga dalam pembelajaran dengan melihat binatang-binatang.

    BalasHapus
  19. Nama : Ni Nyoman Ratih
    Kelas : X MIA 1

    1. Ya cukup mudah, karena kita dapat mengamati hewan tersebut secara langsung dan kita dapat melihat klasifikasi hewan tersebut di papan keterangan walaupun tidak terlalu lengkap.

    2. Saya lebih senang belajar di kebun binatang, karena kita dapat melihat hewan yang kita pelajari secara langsung dan tidak menjenuhkan seperti suasana kelas. Tapi mungkin pembelajaran di kebun binatang juga kurang efektif karena materi tidak benar benar disampaikan dan dipahami dengan baik.

    3. Ya, saya senang. Karena kita dapat belajar disuasana yang baru dan berbeda dibandingkan biasanya. Kita juga dapat menambah pengalaman dan melihat hewan hewan yang kita tidak ketahui sebelumnya. Namun, suasana kebun binatang sedikit kurang nyaman karena seperti tidak terurus, kotor, dan bau.

    BalasHapus
  20. Nabila Zalfaini P
    X MIA 1

    1.Ya,karena kita dapat mengamati binatang secara langsung yang sebagian besar memiliki papan keterangan tentang hewan-hewan disana

    2.saya lebih paham belajar di kebun binatang karena kita dapat melihat dan mengamati binatang nya secara langsung disertai dengan keterangan-keterangan tentang hewan tersebut yang sangat membantu.

    3.Ya.karena kita mendapat pengalaman dan wawasan baru ketika belajar disana dan juga suasana ketika belajar diluar kelas lebih menyenangkan dan tidak membosankan. kegiatan belajarnya juga tidak tegang tetapi sangat santai

    BalasHapus
  21. Taufik Anggita Wibisana
    X - MIA 1

    1. Ya Karena kita dapat melihat dan mengamati hewan hewan yang ada. Selain itu juga ada keterangannya tentang hewan tersebut, tetapi ada sebagian juga yang tidak ada keterangannya.

    2. Menurut saya lebih paham belajar tentang dunia binatang vertebrata di kebun binatang, Karena kita bisa melihat bentuk, ciri - ciri hewan tersebut secara langsung dan juga ada keterangannya membuat kita lebih mudah mempelajarinya.

    3. Senang, karena kita belajar di suasana yang baru membuat kita tidak jenuh dan ngantuk, dan sekaligus menjadi refresing.

    BalasHapus
  22. Nama : Sari Ratna Dewi
    Kelas : X MIA 3
    1). Ya, karena dengan kita mengamati secara langsung hewan-hewan yang ada di kebun binatang, kita dapat dengan mudah mengetahui & mengingat wujud aslinya dengan yang hanya tertera di gambar saja, serta kita dapat mengetahui ciri-cirinya secara langsung
    2). Di kebun binatang, karena kita dapat mengetahui bentuk aslinya secara lebih rinci & perilaku-perilaku hewan yang kita amati. Sedangkan jika belajar di kelas, terkadang ada beberapa hambatan seperti kurangnya buku untuk media belajar dan bisingnya suasana kelas.
    3). Ya, karena menurut saya, belajar di outdoor itu lebih menyenangkan dan dapat berbagi ilmu dengan teman, sedangkan jika belajar di sekolah(kelas) suasana terasa tegang.

    BalasHapus
  23. Nama : Okti susanti
    Kelas : X MIA 3

    1. Ya, karena kita bisa melihat binatang secara langsung dan mengamati ciri-cirinya,klasifikasinya yg tertera pada papan keterangan

    2. Di kebun binatang, karena kita bisa melihat,mengamati,dan bertatap muka dengan binatangnya langsung, sedangkan belajar dikelas kadang konsentrasi selalu terganggu dan buyar karena bising oleh lalu lintas udara


    3. Ya, karena bisa melihat langsung dengan binatangnya dan bisa menenangkan pikiran dengan menikmati suasana alam disana, dan bisa mendapatkan suasana pembelajaran baru di outdoor

    BalasHapus
  24. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  25. Nama : Annisa siti nurhaliza
    Kelas : x mia 1

    1.Iya,karena disana kita bisa melihat langsung hewan hewan secara langsung yang sebelumnya pernah kita pelajari,kita juga mudah melihat klasifikasinya secara langsung

    2.Lebih paham diKebun binatang,karena kita bisa belajar dengan seru,bisa melihat hewan-hewan secara langsung dan juga kita dapat melihat ciri-ciri hewannya secara langsung.

    3.Senang,karena disana belajar dengan suasana yang baru,dan lebih senang,hanya saja masih ada kurang yg tidak ada ditempatnya,contohnya seperti ditempat ular,dan juga ada hewan dengan klasifikasi yang kurang lengkap,tapi tetap menyenangkan.

    BalasHapus
  26. Nama : Rania Fitri Ayularasati
    Kelas : X MIA 3

    1. Ya, karena di kebun binatang kita bisa melihat binatang secara langsung sehingga kita bisa melihat ciri-ciri dari binatang itu dengan mudah

    2. Di kebun binatang, karena kita dapat mengamati secara langsung binatang dan ciri-cirinya dan juga ada papan keterangan yg membantu pencarian data, walaupun mungkin tidak semua datanya lengkap

    3. Ya, karena dengan belajar di kebun binatang kita bisa mendapat suasana baru dan tidak menjenuhkan seperti di kelas, kita juga bisa berekreasi bersama teman-teman

    BalasHapus
  27. Nama : Alma Vania R.A
    Kelas : X MIA 1

    1. Ya, saya dapat mengamati binatang-binatang dengan mudah karena saya melihatnya secara langsung dan disana juga terdapat klasifikasinya sehingga mempermudah untuk mengamati binatang tersebut.

    2. Lebih paham di kebun binatang, karena bisa lebih jelas mengamati binatang tersebut secara langsung.

    3. Ya, saya senang belajar di kebun binatang karena selain kita bisa mendapatkan ilmu tentang binatang, kita juga mendapat hiburan dengan bisa melihat secara langsung binatangnya.

    BalasHapus
  28. Chelinda Arini Saputri
    X MIA 1

    1. Ya, karena bisa melihat dan mengenal lebih dekat binatang-binatang yang ada dan kitapun dapat melihat langsung hewan langka yang sudah hampir punah. Selain itu kita dapat mengetahui ciri-ciri, perbedaan,klasifikasi dari hewan yang ada serta kita dapat mengetahui hewan mana yang dilindungi dan tidak dilindungi di kebun binatang.

    2. Kebun binatang. Menurut saya, belajar di kebun binatang ini pengetahuan saya tentang animalia makin bertambah dan luas dibandingkan dengan dikelas. Di kelas kita hanya bisa duduk manis memperhatikan kedepan dan melihat gambar dibuku ataupun internet saja. Tetapi di kebun binatang kita itu terjun langsung untuk mengamati hewan secara langsung dan nyata.
    3. Ya senang, karena kita diajak langsung untuk melihat hewan yang belum pernah kita lihat. Disana kita dapat belajar tanpa beban dan terlepas dari kejenuhan serta disana juga kita itu berbagi informasi akan letak dimana hewan yang akan diamati dengan antar siswa yang lainnya. Dengan pembelajaran seperti ini kitapun lebih mudah untuk mengingat hewan yang diamati baik secara fisik ataupun morfologi dan bisa lebih dekat dengan alam sekitar. Pembelajaran ini sangat menyenangkan tetapi kekurangannya klasifikasi hewan di kebun binatang ada yang kurang lengkap bahkan tidak ada dan di tempat-tempat tertentu kadang kita merasakan bau yang tidak sedap, mungkin karna kandang hewan-hewan tersebut tidak terawat dengan baik dan maksimal, walaupun begitu khususnya saya dan teman-teman yang lain pasti merasa lebih asyik belajar di luar seperti ini. Semoga kegiatan ini terus dilakukan untuk kedepannya:)

    BalasHapus
  29. Nisrina Khairunnisa R.
    X MIA 3

    1. Ya, karena di kebun binatang kita bisa melihat hewan-hewan secara langsung. Sehingga kita bisa mengamati ciri-ciri hewan dengan lebih mudah.

    2. Di kebun binatang, selain bisa melihat hewan-hewan secara langsung, disana telah disediakan papan keterangan yang berisi klasifikasi hewan sehingga mempermudah pengamatan. Selain itu, kita juga bisa belajar dengan lebih tenang dan rileks karena suasana kebun binatang berbeda dengan suasana kelas yang bising.

    3. Ya, karena menurut saya belajar di outdoor itu asyik. Selain itu belajar di tempat berbeda juga membuat kita mendapat pengalaman baru dan sekaligus refreshing.

    BalasHapus
  30. Nama : Raissa Putri Aninditha
    Kelas : X MIA 3

    1. Ya, karena kita dapat melihat hewan secara langsung, kita juga dapat mengamati ciri - ciri hewan itu dengan mudah karena melihat secara langsung.
    2. Di kebun binatang, karena kita dapat melihat hewan hewan tersebut secara langsung, kita juga dapat mengamati ciri ciri hewan lebih mudah. Selain itu disetiap kandang hewan terdapat papan yang berisikan klasifikasi yang mempermudah kita untuk belajar.dan jika dikebun binatang kita bisa sambil refreshing,dan menghirup udara yang segar.
    3. Karena jika dikebun binatang mencoba hal baru dan kita juga tidak penat dengan lingkungan yang itu itu aja. Selain itu kita juga dapat sambil berkreasi.

    BalasHapus
  31. Nama : Raissa Putri Aninditha
    Kelas : X MIA 3

    1. Ya, karena kita dapat melihat hewan secara langsung, kita juga dapat mengamati ciri - ciri hewan itu dengan mudah karena melihat secara langsung.
    2. Di kebun binatang, karena kita dapat melihat hewan hewan tersebut secara langsung, kita juga dapat mengamati ciri ciri hewan lebih mudah. Selain itu disetiap kandang hewan terdapat papan yang berisikan klasifikasi yang mempermudah kita untuk belajar.dan jika dikebun binatang kita bisa sambil refreshing,dan menghirup udara yang segar.
    3. Karena jika dikebun binatang mencoba hal baru dan kita juga tidak penat dengan lingkungan yang itu itu aja. Selain itu kita juga dapat sambil berkreasi.

    BalasHapus
  32. Nama : Inriyani K.
    Kelas : X-MIA 2

    1. Ya, karena kita dapat melihat hewan hewan secara langsung serta kita dapat melihat klasifikasi hewan tersebut.

    2. Kebun binatang.Karena di kebun binatang kita dapat melihat secara langsung hewan tersebut, kita dapat melihat klasifikasi hewan, serta kami bisa lebih refreshing dan tidak merasa bosan untuk belajar.

    3. Iya, Karena kita bisa belajar tentang dunia hewan dan kita menjadi lebih tau dan kita lebih refreshing karena dapat belajar di luar sekolah. 

    BalasHapus
  33. Nama : Daffa Reyhans Fernando
    Kelas : X-MIA 3
    1. Ya, di kebun binatang saya dapat mengamati binatang binatang dengan mudah. Hal ini dikarenakan saya dapat mengamati binatang secara langsung, sehingga karakteristik seperti bentuk tubuh (morfologi) dan tingkah laku (behavioral) dapat diamati dengan teliti dan detail. Selain itu, terdapat papan pada masing masing binatang yang berisi pengklasifikasian hewan tersebut dari mulai kingdom hingga spesies yang memudahkan saya dalam mempelajari nama ilmiah dari binatang yang ada disana.

    2. Di kebun binatang, karena pertama disana saya dapat bermain diiringi dengan belajar. Kedua,saya dapat mengamati beragam satwa baik dalam status dilindungi maupun tidak secara langsung, berbeda dengan pembelajaran di kelas yang hanya terfokus pada buku pelajaran dimana dalam buku tersebut hanya terdapat gambar dengan satu sudut pandang saja sehingga tidak dapat mengamati binatang tersebut dengan jelas. Selain itu ketika guru memberikan penjelasan mengenai ciri ciri binatang tersebut, saya hanya dapat membayangkan atau berimajinasi mengenai karakteristik hewan tersebut karena tanpa pengamatan langsung.

    3. Ya , saya senang belajar mengenai binatang vertebrata di kebun binatang karena saya tidak hanya belajar tetapi juga dapat bermain bersama teman teman disana. Saya dapat mempelajari ciri ciri hewan tersebut dengan mudah. Selain itu wawasan saya bertambah karena disana terdapat papan klasifikasi binatang vertebrata yang tertera dengan lengkap dan jelas

    BalasHapus
  34. Nama : Aulia Nasyi A'tullaila
    Kelas : X MIA 3

    1. Ya, Karena bisa melihat langsung binatang itu sendiri, dan lebih mudah menuliskan ciri-ciri, kebiasaan, dan ciri khas binatang tersebut.

    2. Kebun binatang. Karena selain menghibur, kita juga menjadi lebih paham dari melihat langsung hewan tersebut. Belajar di kebun binatang juga lebih santai.

    3. Senang, karena selain mendapat ilmu tentang vertebrata, kita juga bisa terhibur karena tingkah binatang di kebun binatang tersebut.

    BalasHapus
  35. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  36. SAFIRA PRATIWI
    X MIA 3

    1. Ya, karena saya bisa mengamati langsung ciri-ciri berbagai bintang di kebun binatang dan disana juga sudah tertera klasifikasinya.

    2. Kebun binatang, selain menyenangkan belajar mengamati diluar ruangan kelas, saya juga mudah untuk memahami ciri ciri dan klasifikasi dari berbagai binatang tanpa harus mencarinya dalam sebuah buku ataupun media internet. Selain itu apabila belajar di kelas terkadang saya harus membayangkan binatang yang sedang jelaskan, tetapi terkadang saya tidak tau binatang seperti apa yang di jelaskan, membuat saya terkadang tidak paham.

    3. Ya, karena belajarnya tidak hanya duduk diam tetapi kita harus berkeliling berjalan-jalan. Belajar sambil bermain. Apalagi dengan suasana yang sejuk membuat belajar menjadi nyaman

    BalasHapus
  37. AliyyanMahfudz
    X MIA 4

    1.ya,karena saya bisa melihat dan mengamati secara langsung binatang yang ada di kebun binatang.

    2.kebun binatang,karena di kebun binatang selain asik bisa berjalan jalan di sana juga lebih terlihat jelas dan ada bukti fisiknya di bandingkan di ruang kelas kita hanya dapat melihat gambarnya.

    3.senang sekali, karena kita dapat belajar sambil berekreasi dan menambah wawasan tentang binatang vertebrata

    BalasHapus
  38. Muhammad Hafidz AlGhani
    X-MIA3

    1. Ya, karena mengamati hewannya sudah tercantum klasifikasi hewan dan ciri-cirinya dapat terlihat secara jelas
    2. Menurut saya, lebih paham belajar dikebun binatang karena kita bisa melihat binatang aslinya. Dan kita juga tidak bosan dengan suasana dikelas. Dikebun binatang kita bisa jadi fresh dengan udara yang segar
    3. Ya, karena kita bisa mengamati hewan dan sambil rekreasi di alam terbuka yang sejuk

    BalasHapus
  39. Ratu Shifa Alamanda
    X-MIA 3

    1. Ya, karena kita dapat melihat secara langsung hewan yang akan diamati dan di setiap hewan tertera papan berisi katakteristik,nama hewan, dan yang lainnya yang dapat memudahkan kita untuk mengamatinya

    2. Saya memilih di kebun binatang,karena dapat melihat binatang secara langsung dan mengetahui ciri cirinya, tingkah lakunya, dan interaksi hewan tersebut terhadap kita

    3. Senang, karena belajar di luar kelas atau alam terbuka lebih memudahkan untuk mengerti dan mencerna pelajaran tersebut

    BalasHapus
  40. Yusuf Rakha Wijaya
    X-MIA 1

    1.Ya, karena di kebun binatang, binatang-binatang tersebut bila di lihat tidak begitu liar dan diam di sekitar kandang,dan terdapat keterangan jenis dan nama hewan tersebut yang mana memudahkan kita untuk lebih mengetahui dan jikalau kita mengamati di alam terbuka atau hutan kemungkinan hewan akan berkeliaran dan akan susah diamati.

    2. Di kebun binatang, karena di kebun binatang terdapat berbagai jenis hewan dan beserta spesifikasinya yang mana memudahkan saya untuk tahu dan mempelajari dan mengamatinya di samping itu kita bisa sekalian untuk refreshing.

    3. Senang, karena di kebun binatang saya bisa belajar sambil berrekreasi. Di samping itu kita bisa berinteraksi langsung dengan binatang-binatang aslinya.
    "Hati senang,Badan bugar,Ilmu dapat"

    BalasHapus
  41. Femmy adithya p.s
    X MIA 2
    1. YA, dikarenakan sudah ada penjelassan dari setiap binatangnya dan saya sudah mengerti bagaimana cara membedakan atau mengelompokkan hewan yg ada di kebun binatang
    2. Di kebun binatang, karena kalau belajar ada contohnya saya jadi lebih memahaminya dikarenakan bisa langsung turun kelapangan.
    3. Seneng banget, soalnya udah lama ga ke kebun binatang terus juga udah lama ga berinteraksi sama binatang binatang

    BalasHapus
  42. Nama : Taufiq Maulana Firdaus
    Kelas : X MIA 3

    1. Ya, karena kita bisa melihat binatang secara langsung dan mengamati ciri-cirinya,klasifikasinya yg tertera pada papan keterangan, Dan keberadaannya di alam liar

    2. Di kebun binatang, karena kita bisa melihat,mengamati,dan bertatap muka dengan binatangnya langsung, melihat karakteristiknya dengan jelas, sedangkan di kelas kita hanya bisa melihatnya berupa gambar Dan terganggu oleh hal-hal lain seperti lalu lintas udara

    3. Ya, karena bisa melihat langsung dengan binatangnya dan merasa relax karena suasana alam disana, dan bisa mendapatkan suasana baru di alam terbuka, sedangkan belajar dikelas terasa tegang dan penat karena terlalu banyak murid di 1 kelas yang bisa dibilang Lumayan kecil

    BalasHapus
  43. Reshal B.A. Suroto
    X MIA 4

    1. Ya karena penataan yg memudahkan untuk mengamati hewan
    2. Kebun binatang karena bisa melihat langsung hewan yg dipelajari sehingga lebih paham
    3. Ya karena bisa belajar sambil melihat hewan yg dipelajari

    BalasHapus
  44. Reshal B.A. Suroto
    X MIA 4

    1. Ya karena penataan yg memudahkan untuk mengamati hewan
    2. Kebun binatang karena bisa melihat langsung hewan yg dipelajari sehingga lebih paham
    3. Ya karena bisa belajar sambil melihat hewan yg dipelajari

    BalasHapus
  45. 1. ya, karena kita bisa mengamati langsung hewan yang kita lihat dengan dekat dan disana sudah tercantum klasifikasi dan ciri cirinyayang bisa dilihat secara langsung
    2. dikebun binatang, karena kita bisa melihat lansung hewan yang kita liat dan tau apa ciri s cirinya, klasifikasinya, dan cara hidupnya dari pada dikelas kadang suka bosen
    3. saya senang belajar dikebun binatang selain bisa mengamati hewan secara langsung, belajarnya jadi nyatai dan bisa merefresing otak biar gk mumet

    BalasHapus
  46. Nama:Rifki Ardiansyah
    Kelas: X MIA 2

    1. Iyaaa, karena kita dapat mengamati hewan secara langsung dan dapat langsung mengetahui klasifikasinya setiap hewan yang di amati
    2. Di kebun binatang, karena kita dapat melihat langsung hewan yang menjadi pembelajaran serta dapat mengetahui langsung klasifikasinya
    3. Senang, selain disana kita belajar, kita juga mendapatkan hiburannya, karena kebun binatang juga merupakan tempat pembelajaran sekaligus tempat wisata juga

    BalasHapus
  47. Nama:Faldi Sugih
    Kelas:X MIA 4

    1.iya karna saya melihat hewan nya secara langsung maka dari itu saya dapat dengan mudah mengamati hewan tersebut
    2.Di kebun binatang karna kita tidak hanya terpaku pada buku melainkan hewan itu sendiri
    3.Senang,karena kita harus tidak harus belajar di kelas untuk sesekali

    BalasHapus
  48. Nama : Muhamad Izzatur Rahman
    Kelas : X MIA 2

    1. Iya, karena saya dapat melihat hewan nya secara langsung dan disana terdapat penjelasan mengenai spesies apa hewan yang kita amati tersebut
    2.Di kebun binatang,karena kita bisa melihat dengan lebih detail bentuk tubuh nya secara langsung, kalau di kelas kita hanya bisa melihat dari gambar
    3. Senang, karena disana suasana nya sejuk, menjadi tempat pembelajaran yang baik dan bisa sekaligus merefresh otak

    BalasHapus
  49. Nama:Abyan Hilmy
    Kelas:X-Mia 2

    1.ya,karena saya bisa langsung melihat binatang tersebut dan hugs klasifikasinya
    2.menurut saya:dikebun binatang Karena saya bisa langsung mengamati binatang tersebut mulai dari klasifikasi, ciri-ciri hingga tingkah lakunya,sedangkan di kelas hanya menggunakan buku dan gambar saja
    3.senang,karena belajar disana dengan suasana yang sejuk menjadi nyaman Dan tidak membosankan.

    BalasHapus
  50. Nama : M.chiko.ferga.f
    Kelas: X-MIA 1

    1.Iya, karena saya bisa melihat langsung hewan hewan yang ada dari jarak yang cukup dekat

    2.kebun binatang, karena kita tidak hanya bisa melihat secara langsung kita juga bisa melihat ciri khas nya dan perilaku hewan nya secara langsung

    3.senang, karena belajar di alam terbuka sangat menyenangkan bisa merefresh otak dan pikiran pun menjadi tenang.

    BalasHapus
  51. Nama:Mochammad Hilmy Julianto K
    Kelas:X-MIA 2

    1.Iya.karena saya dapat melihat hewan disana secara langsung dan dapat langsung melihat wujudnya secara jelas

    2.Menurut saya di kebun binatang,karena disana saya menjadi tahu bahwa hewan hewan sangat beranekaragam dan berklasifikasi dibanding dengan di kelas yang hanya dapat melihat gambarnya saja

    3.Senang,karena selain tempat bervakansi/tamasya disana juga dapat dijadikan sebagai sarana belajar yang menyenangkan

    BalasHapus
  52. Anggie Fadhilati
    X MIA 4
    1. Iya saya dapat mengamati binatang dengan mudah karena saya langsung melihat hewan yang akan saya amati dengan jarak yang dekat dan jelas.
    2. Di kebun binatang, karena selain bisa melihat hewan itu secara langsung kita juga dapat melihat ciriciri hewan tersebut secara teliti.
    3. Lumayan senang, karena mendapat suasana yang baru dan bisa melihat hewan- hewan secara langsung.

    BalasHapus
  53. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  54. Nama: Shinta Verawati
    Kelas: X IPA 4

    1. Iya, karena sudah terdapat keterangan tentang hewan tersebut dan kita dapat melihat langsung binatang yang akan kita amati.
    2. Di kebun binatang, karena lebih menyenangkan dibandingkan di kelas dan lebih mudah karena kita dapat melihat langsung hewan tersebut dengan teliti tanpa hanya melihat gambar saja.
    3. Senang, karena memudahkan kita dalam pembelajaran dan bisa menambah wawasan yang luas daripada didalam kelas yang hanya dapat membayangkan sosok hewan tersebut.

    BalasHapus
  55. Nama: Mochammad Faishal Andiyana
    Kelas: X MIA 3

    1.Ya, karena sudah dikelompokkan dan ada klarifikasinya
    2.Di dalam kelas, karena kalau di kebun binatang guru tidak mengajari langsung
    3.Senang, karena bisa langsung melihat satwa

    BalasHapus
  56. Nama: Tasya Salsabila
    Kelas: X MIA4

    1. Ya, karena kita dapat melihat dan mengamati binatang-binatang secara langsung dan tidak hanya melihat di gambar
    2. Menurut saya, belajar tentang dunia binatang lebih baik di kebun binatang langsung, karena kita dapat mengamati dengan lebih baik dan dapat belajar dengan suasana yang berbeda
    3. Ya, saya merasa senang, karena disana kita dapat melihat binatang yang belum pernah kita lihat sebelumnya

    BalasHapus
  57. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  58. Nama:Sondi Agung Sonjaya
    Kelas :X MIA 4
    1.Ya ,karena kita dapat mengamati binatang secara langsung dan terdapat keterangan seputar binatang tersebut.
    2.menurut saya di Kebun binatang karena kita dapat meneliti secara langsung perihal binatang yang sedang kita pelajari dan membuat materi pelajaran mudah dimengerti
    3.Ya senang ,karena belajar di kebun binatang membuat belajar menjadi menyenangkan ,dapat melihat hewan secara langsung serta informasi yang bermanfaat bagi pelajaran di sekolah .

    BalasHapus
  59. Nama : witri damayanti
    Kelas : x mia 4

    1. Mudaah karena untuk mengamati binatang perlu bentuk warna suara asli dari hewan tersebut

    2. Saya pilih di kebun binatang karena membuat suasana jadi ga sengantuk dikelas, melihat langsung hewan nya bikin kita jd penasaran apasih ciri khas nya dan lain sebagainya

    3. Senang karena kita berkesempatan untuk benar2 memperlajari mengenai hewan vertebrata yg ada dikebun binanatang, karena biasanya ke kebun binatang hanya sekedar rekreasi dan tidak begitu mengamati

    BalasHapus
  60. Nama:Firmansyah
    Kelas:X MIA 4

    1.iya saya bisa mengamati hewan dgn mudah,karena,saya bisa melihat langsung atau berinteraksi langsung dgn hewan yang bersangkutan
    2.dikebun binatang sebagai pengenalan,dikelas sebagai penjelasan ataupun sebaliknya
    3.iya saya senang,karena saya bisa belajar dengan lepas,tanpa tertekan,dan bisa sambil bercanda bersama kawan kawan

    BalasHapus
  61. Nama:Rizki Hanif P.
    Kelas:X MIA 2

    1.ya,karena kita dapat melihat langsung dengan jelas
    2.di kebun binatang karena di kebun binatang lebih lengkap dan tidak jenuh seperti di kelas
    3.iya senang,karena saya bisa belajar dengan bebas,bisa bercanda dengan teman2 dan bisa mengetahui hewan vertebrata secara langsung di kebun binatang

    BalasHapus
  62. Nama : Dafa Rizkia Maulana Berfin
    Kelas : X-MIA 2


    1) Iya,karena saya bisa melihat dan berinteraksi secara langsung bersama hewan-hewan yang ada disana
    2) Dikebun binatang,karena apabila bila belajar dikelas belajar hewan vetebrata hanya melihat gambarnya saja,sedangkan dikebun binatang saya bisa tau secara detail bentuk tubuh dari hewan tersebut
    3) Iya saya sangat senang,karena bisa bercengkraman dengan temen teman dan mendapatkan suasana yang baru jika belajar disana

    BalasHapus
  63. Nama : M.Rizky
    Kelas : X MIA 2

    1. Ya, karena bisa melihat binatang tersebut dengan secara langsung, dan jarak pandang pengamatan tidak terlalu jauh
    2. Di kebun binatang karena membuat suasana belajar yang berbeda dengan di kelas, dan membuat suasana belajar yang tidak jenuh
    3. Ya, karena bisa melihat binatang dengan secara langsung dan membuat suasana belajar yang berbeda dan menyenangkan

    BalasHapus
  64. Nama:Dandhi Daffa P
    Kelas: X-MIA 2

    1.Menurut saya cukup jelas karena kita dapat melihat hewan-hewan tersebut dengan jarak yang dekat dan kita dapat melihat keterangan hewan tersebut seperti spesies,kingdom,dll

    2.Kebun binatang,karena di kebun binatang kita dapat langsung mengetahui mengenai hewan yang bersangkutan

    3.Senang,karena kita dapat menambah ilmu tentang seputar hewan yang ada di kebun binatang

    BalasHapus
  65. Nama : Rivaldy Armando Kamal
    Kelas : X MIA 2

    1. Ya, karena kita dapat melihat dan mengamati binatang secara langsung dengan jelas di depan mata kita
    2. Di kebun binatang, karena suasana nya berbeda karena kita di kebun binatang bisa mengamati binatang dengan jelas dan melihat klasifikasjnya ketimbang di kelas yang hanya lewat gambar
    3. Senang , karena kita sambil belajar kita bisa berekreasi menghilangkan jenuh

    BalasHapus
  66. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  67. Nama : Salsabila gadis meidzaky
    Kelas : X MIA 2

    1.ya,karena kita bisa melihat langsung binatangnya
    2. Menurut saya lebih di kebun binatang karna ada binatang nya langsung jadi kita lebih tau dia seperti apa geraknya,makan nya apa ,dll
    3.senang di kebun binatang karna lebih santai dan bisa sambil refreshing

    BalasHapus
  68. Nama : Raihan Muhammad Ramdhani
    Kelas : X MIA 3
    No. absen: 28

    1. Menurut saya iya meneliti binatang-binatang di kebun binatang lebih mudah, karena kita bisa langsung melihat bagaimana ciri-ciri fisik dari setiap hewan, selain itu kita dipermudah dengan adanya papan nama daerah dan klasifikasi dari setiap hewan nya.

    2. Menurut saya belajar tentang hewan vertebrata itu lebih paham di kebun binatang, karena kita dapat melihat langsung apa yang dimaksud hewan vertebrata itu, dan apa yang mereka lakukan, bagaimana perilakunya, kita bisa mengamati secara langsung secara tatap muka, sedangkan di kelas kita hanya bisa melihat dari gambar, video atau dari penjelasan guru saja.

    3. Iya, saya senang belajar di kebun binatang karena di kebun binatang itu disamping kita belajar mengamati hewan, kita juga bisa lebih bebas dalam belajar, menjadi relax belajar karena banyak warna dari binatang, perilaku binatang pun bisa menjadi terapi buat kita yang setiap harinya hanya duduk dan melihat guru, kalau di kebun binatang kita bisa melihan hal berbeda.

    BalasHapus
  69. Nama: Pascalis Elang
    Kelas: X MIA 1

    1.Ya.. Karena menurut saya kita bisa melihat langsung binatang lebih mudah diamat dan mudah diamati karena ada klasifikasinya

    2. Di kebun binatang.. karena di kebun binatang dapat melihat semua hewan yang ada dan bisa merefresh kembali semua pelajaran pelajaran yang ada.. dan bisa mengenal hewan hewan lebih banyak.

    3.ya.. karena sebagai refereshing dan rekreasi sambil belajar

    BalasHapus
  70. Nama:Rifqi Fadhlur Rahman
    Kelas: X mia 1

    1.Ya,karena kita dapat melihat langsung binatang-binatang tersebut
    2.Di kebun binatang karena hewan di kebun binatang mudah diamati dan suasana di kebun binatang sangat mengasyikan karena kita belajar sambil bermain
    3.Ya karena kita tidak terlalu jenuh dengan suasana kebun binatang dan sekaligus refreshing bersama teman-teman

    BalasHapus
  71. Nama :Sylvie Tazkia
    Kelas : X MIA 4

    1. Ya, karena kami mengamati hewan tersebut secara langsung, bukan hanya lewat gambar
    2. Di kebun binatang, karena selain dapat melihat hewan hewan secara langsung, kami juga tidak mudah jenuh karena berada di alam terbuka. Udaranya pun segar sehingga kami menjadi lebih semangat dalam belajar.
    3. Senang, karena menambah pengalaman. Dari awalnya hanya membayangkan, sekarang kami dapat melihat dan mengamati langsung hewan hewan tersebut. Dan rasa kantuk saat belajar pun hilang karena melihat pemandangan yang asri.

    BalasHapus
  72. Nama : Dwi Aji Wasesodjati
    Kelas: X MIA-3


    1. Menurut saya belajar di kebun binatang ini sangat mudah dan sangat baik. Karena kita bisa tahu apa saja yang kita belum tahu tentang hewan vertebrata bisa dilihat secara langsung di kebun binatang itu sendiri. Dan baiknya lagi, kebun binatang itu memberi papan yang bertuliskan klasifikasi tentang hewan itu sendiri.

    2. Menurut saya belajar tentang hewan vertebrata itu lebih mudah di kebun binatang, dengan alasan kita bisa belajar dan melihat hewan itu sendiri secara langsung. Dan kita bisa tahu bagaimana ciri-ciri, perilaku, dll dari hewan itu sendiri.

    3. Saya memiliki 2 jawaban. Dari hal postifinya, saya senang dan merasa nyaman belajar di kebun binatang. Sambil belajar, ajang pembelajaran di kebun binatang saya jadikan sebagai ajang rekreasi karena menurut saya ajang ini bisa menghilangkan jenuh dan beban yang kita miliki selama disekolah atau beban yang lain. Tapi dari hal negatifnya, lingkungan dari kebun binatang ini tidak begitu nyaman bagi pengungjung yang datang kesana. Saya rasa lingkungan di kebun binatang itu harus dibenahi kembali.

    BalasHapus
  73. Nama : Muhammad Adithya Nugraha
    Kelas : X MIA-3

    1.iya,karena kita bisa melihat langsung hewan hewan vertebrata di kebun binatang dengan klasifikasinya

    2.di kebun binatang,karena kita bisa melihat langsung hewan hewan tersebut dengan ciri-ciri,perilaku,dan melihat klasifikasinya yang sudah ada papan di dekat kandang tiap hewan

    3.iya,karena belajar dikebun binatang membuat belajar lebih nyaman dan santai

    BalasHapus
  74. Nama : Tasya Citra Violeta
    Kelas : XMIA-3/39

    1. Saya merasa cukup mudah mengamati binatang yang ada, karena dengan rupa yang nyata dan terdapat juga papan yang menunjukan klasifikasi hewan serta ciri khas dari hewan yang akan diamati walaupun beberapa hewan tidak diberikan deskripsi yang lengkap hingga kami harus mencari sendiri nama latin dari hewan tersebut.

    2. Di kebun binatang atau di tempat di mana saya dengan mudah bisa mengamati hewan secara langsung. Karena selain saya bisa menikmati suasana alam dan habitat dari hewan tersebut, saya juga bisa mengetahui fisik asli dari hewan yang akan diamati sekaligus bisa mengetahui cara adaptasi dari hewan yang sedang diamati.

    3. Ya tentu saja. Karena di kebun binatang saya bisa mengetahui lebih banyak mengenai hewan tidak hanya dari textbook saja. Saya juga semakin merasa peduli akan hewan-hewan yang habitatnya saat ini sudah memprihatinkan.

    BalasHapus
  75. Nama: Faizal Hudya R
    Kelas: X MIA 4

    1.Ya, mudah karena sudah tersedia klasifikasi dari hewan hewan tersebut.

    2.kebun binatang, karena bisa belajar dan bermain sehingga saya mudah paham di tempat tersebut.

    3.Ya, senang karena bisa bermain dan belajar seperti rekreasi.

    BalasHapus
  76. Nama : Muhammad Irsyad Ukar (23)
    Kelas : X MIA 1

    1. Mudah, karena kita dapat melihat binatang yang sehari-hari kita pelajari secara langsung

    2.Di kelas, karena saya lebih dapat fokus jika belajar di kelas, kalau seperti kemarin di kebun binatang, tidak ada yang memberitahu lebih detail tentang hewan tersebut.

    3. Walaupun kebun binatangnya cukup berantakan, saya tetap senang dan bersyukur karena saya masih bisa melihat binatang-binatang tersebut secara langsung.

    BalasHapus
  77. Nama: Rd. Yasmin Siti Uswah Wahjoe (26)
    Kelas: X MIA 3

    1. Ya, karena kita bisa melihat secara langsung hewan yg sedang kita amati dan juga disana sudah terdapat klasifikasi dari hewan-hewan tersebut.

    2. Kebun Binatang, karena selain kita bisa melihat hewan nya secara langsung, kita juga bisa melihat tingkah laku hewan tersebut dan ciri khusus nya. Dengan demikian, kita bisa lebih paham mempelajari tentang hewan vertebrata

    3.Senang, karena kita bisa bermain sambil belajar dan tidak penat belajar di dalam kelas terus menerus

    BalasHapus
  78. Nama: Anak Agung Ayu Mega Dwitya
    Kelas: X-MIA2

    1.Menurut saya cukup jelas karena kita dapat melihat hewan dengan secara langsung dan kita dapat melihat keterangan hewan tersebut seperti spesies,kingdom,dll

    2.Kebun binatang karena di kebun binatang kita dapat melihat secara langsung hewan tersebut, kita dapat melihat klasifikasi hewan dan lebih refreshing agar tidak merasa bosan untuk belajar

    3.senang karena saya bisa belajar dengan lepas dan bisa belajar sambil bercanda bersama teman teman

    BalasHapus
  79. Nama: Anak Agung Ayu Mega Dwitya
    Kelas: X-MIA2

    1.Menurut saya cukup jelas karena kita dapat melihat hewan dengan secara langsung dan kita dapat melihat keterangan hewan tersebut seperti spesies,kingdom,dll

    2.Kebun binatang karena di kebun binatang kita dapat melihat secara langsung hewan tersebut, kita dapat melihat klasifikasi hewan dan lebih refreshing agar tidak merasa bosan untuk belajar

    3.senang karena saya bisa belajar dengan lepas dan bisa belajar sambil bercanda bersama teman teman

    BalasHapus
  80. Nama :Husni kamil zaelani
    Kelas: X-MIA 2

    1. Ya, karena kita bisa melihat langsung binatang yang akan kita amati tersebut dan di depan kandang nya tersebut sudah tertera klasifikasi binatang binatang tersebut

    2.di kebun binatang, karena kita bisa melihat hewan dan ciri cirinya tersebut dan saya lebih nyaman karena selain belajar kita bisa bermain mungkin ini memakan waktu yang lebih lama tapi saya mudah memahami nya karena melihat secara langsung

    3. Senang, karena bisa belajar sambil bermain sekalian refresing, dan sayang juga mudah paham

    BalasHapus
  81. Dikri Hilman
    X-MIA 4 /10

    1.menurut saya cukup jelas karena melihat langsung dpt mempermudah pengamatan
    2.kebun binatang karena dengan melihat langsung kita bisa lbh banyak mengetahui dan lbh mengenal ttng hewan2 tesebut di banding dri gambar
    3.cukup senang karena aku jarang bisa melihat langsung hewan2 langka,apa lagi harimau dikri cukup menyukai hewan tersebut

    BalasHapus
  82. Nama: Bintang Aprian Purnomo
    Kelas: X MIA 1

    1. Ya, karena kita bisa langsung melihat hewan tersebut dengan jelas dan dengan mata kepala kita sendiri
    2. Di kebun binatang. Mengapa? Karena di kebun binatang kita dapat melihat ciri ciri hewan tersebut dengan sangat jelas selain kita bisa rileks juga nyaman karena kita juga bisa belajar sambil bermain
    3.Senang, karena tadi kita bisa belajar sekaligus bermain jadi kita bisa rileks dalam memahami hewan tersebut

    BalasHapus
  83. Nama: Afifah Fauziah Huwaida
    Kelas: X MIA 4

    1. Ya, karna disana saya melihat objeknya secara langsung dan juga sudah terdapat klasifikasinya, namun ada beberapa hewan yg tidak ada papan klasifikasinya yg membuat saya kesulitan.
    2. Kebun binatang, karena saya dapat melihat langsung seperti apa bentuk fisiknya dan juga tingkah lakunya. Sekaligus me-refresh pikiran agar tidak jenuh.
    3. Ya tentu, karna saya bisa bermain sambil bekerja bersama teman2. Walaupun kebun binatang nya kurang nyaman dan memprihatinkan.

    BalasHapus
  84. 1. Ya lebih mudah dan lebih mengasyikkan

    2. Kebun binatang. Karena belajar memerlukan praktikum juga tidak hanya teori. Karena kalau terus terusan diberi teori tanpa melihat aslinya itu akan membosankan
    3. Senang karena selain belajar saya juga bisa bermain melihat" hewan yg mungkin belum pernah saya lihat sebelumnya

    Annisa Yulianti
    X Mia 2

    BalasHapus
  85. Shafa adinda f
    10 mia 1

    1.iya,karna kita bisa melihat langsung hewan yang di amati dan sudah ada papan klasifikasi yang mempermudah pengamatan
    2.di kebun binatang,karna kita bisa melihat langsung hewannya yang membuat kita lebih paham
    3.iya senang,karna bisa belajar sambil refreshing juga

    BalasHapus
  86. Nama : Gladys imanda s
    kelas : x mia 2

    1. Ya, saya dapat memahaminya dengan lebih mudah karena saya bisa melihat binatang itu secara langsung dan juga sudah tertulis klasifikasinya..
    2.saya merasa lebih nyaman belajar di kelas karena bisa bertanya kepada guru dan lebih jelas tetapi di kebun binatang juga saya bisa melihat binatang secara langsung
    3.saya senang karena belajar itu tidak selalu harus berada di dalam kelas dan bisa lebih bersemangat untuk mencari ilmu ilmu baru

    BalasHapus
  87. Nama: Muhammad Hilman Maulana

    Kelas: X MIA 2

    1. Saya rasa dengan bertemu atau berinteraksi secara langsung dengan hewannya kita akan tau cara dia hidup maupun ciri cirinya.

    2. Di kebun binatang, karena disekolah tidak ada binatang sebanyak itu dan di kebun binatang lebih lengkap dan dalam segi suasana pun berbeda kita melihat binatang itu langsung.

    3. Sangat senang sekali karna selagi cari ilmu sambil refreshing juga.

    BalasHapus
  88. 1.ya jelas .....karna kita datang langsung ke tempat yg berkaitan
    2 . di kebun binatang karna bertatapan langsung dng hewan yg d pelajari dan lbh jelas
    3..iya senang sekali karna ini adalah metode yg d perlukan para pelajar masa kini agar tidak jenuh

    Nama : Dwiki juniar
    Kelas : X mia 1

    BalasHapus
  89. Nama:Rio Dine Desasa
    Kelas:X-MIA-1

    1.Cukup mudah meelihat binatang sera mengamatinya, karena jarak pandang kita dengan kandang binaang cukup dekat. Tetapi ada juga kandang yang terlalu besar sehingga sulit mencari binatang-binatang.

    2.Menuru saya lebih mudah belajar di kebun binatang,tetapi dengan pemandu, sehingga selain kita dapat mengaati langsuung kita juga mengerti ciri khas atau perbedaan hewan tersebut dengan hewan yang lain.

    3.Saya senang belajar di kebun binatang, karena kita tidak bosaan teruss meners belajar teori, kita dapat langsung terjun ke lapan melihatberbagai ragam binatang dan memahami ciri khas nya.

    BalasHapus
  90. Nama : R. GALUH SETIA PRADANA
    Kelas : X MIA 3 / X IPA 3


    1. Ya, kita bisa melihat hewan secara langsung, dapat secara langsung pula meneliti dan mempelajari tingkah laku dan morfologi hewan tersebut
    2. Kebun binatang. kebun binatang memberikan suasana belajar yang mengasyikan karena dapat melihat langsung hewan yang dipelajari dan menawarkan pemandangan yang berbeda, seperti udaranya yang sejuk. interaksi dengan teman lebih leluasa dan dapat berdiskusi dengan teman
    3. Ya, senang. karena untuk mempelajari animalia seharusnya diadakan penelitian / mempelajari secara langsung melihat hewan tersebut. agar tak membosankan dan dapat dimengerti dengan mudah dan cepat. selain itu dapat mengenal banyak hewan endemik indonesia yang mungkin tak pernah di bahas di buku manapun.

    BalasHapus
  91. Aliya rahmani fadila
    X mia 3

    1. Ya karena saya dapat melihat wujud asli binatang binatang yang sedang saya amati dan dapat melihat ciri khusus dari binatang binatang dan juga disana sudah terdapat klasifikasi dari hewan hewan tsb

    2. Saya lebih memilih belajar di kebun binatang, karena saya dapat secara langsung mengamati hewan hewan vertebrata. Dan juga tempat nya yang sejuk dan hijau membuat saya lebih nyaman belajar.

    3. Saya merasa senang belajar dikebun binatang, karena bisa melihat hewan yang sebelumnya tidak pernah saya temui. Dan dengan belajar dikebun binatang saya dapat belajar ditempat berbeda dan dapat sambil bermain

    BalasHapus
  92. NAMA:Rendika putra wiratama
    KELAS:X-MIA1

    1.Ya... karena kita bisa melihat langsung binatang tersebut dan bisa membedakan kelas kelas nya.

    2. Di kebun binatang.karena kita bisa langsung melihat hewan yang d amati dan juga bisa membedakan kelas kelas dari hewan yang kita amati karna sudah tercantum kelas kelas nya dan penjelasan nya dari setiap hewan.

    3.Ya. karena kita bisa sambil refesing dan juga mengamati hewan

    BalasHapus
  93. Nama : Rizkhy Aryanto
    Kelas : X MIA 3

    1.ya,karena saya bisa melihat binatang dengan jarak cukup dekat,dan apa informasi di kandangnya juga jadi kita lebih cepat mengetahui informasi dari hewan tersebut

    2.menurut saya,di kebun binatang karena kita bisa langsung melihat objek yang kita pelajari dan langsung mengerti

    3.ya,karena kita bisa langsung melihat dan mengenal objek yang kira pelajari

    BalasHapus
  94. M. Hanif A. Faris Hartono
    X MIA 3

    1. Ya,lebih mudah

    2. Kebun binatang, karena dapat melihat langsung bentuk fisik, perilaku hewan, nama lain, dan klasifikasi hewan yg diamati

    3. Senang, karena belajar di luar kelas dapat mempermudah pembelajaran dan tidak bergantung kepada buku.

    BalasHapus
  95. Nama :Lutfi Ibrahim
    Kelas :X- MIA 3



    1. Ya,Karena Kita dapat melihat langsung binatang yang akan kita amati dikandangnya masing-masing.Selain itu kita juga jadi lebih tau lebih banyak tentang hewan vertebrata dan didekat kandangnya pun tercatat klasifikasinya ada yang lengkap dan ada yang tidak.

    2.Kalo saya lebih paham jika belajar di kebun binatang,kenapa?
    karena disana kita bisa belajar sambil bermain haha. lalu kita bisa melihat langsung binatang aslinya beserta karakteristiknya seperti apa dan ada klasifikasinya dan kita juga tidak bosan tidak seperti dikelas, bawaannya ngantuk buu....

    3.Seneng bu euy disana teh, rame suasananya bisa jalan jalan,bisa liat banyak macam satwa, bisa ngobrol dan berkumpul dengan teman-teman kelas maupun kelas yang lainnya.

    BalasHapus
  96. Nama : Sharah Abhista Natasya
    Kelas : 10 MIA 3

    1. saya dapat mengamati binatang binatang dengan mudah.Karena,terlihat jelas binatangnya,terdapat nama dan klasifikasi binatang tersebut.
    2.menurut saya,dapat lebih paham ketika di kebun binatang.Karena,kita dapat melihat langsung jenis-jenis hewan vertebrata
    3.saya senang belajar dikebun binatang,karena saya melihat binatangnya langsung dan mendapatkan wawasan yang lebih terhadap habitatnya

    BalasHapus
  97. Nama : Sharah Abhista Natasya
    Kelas : 10 MIA 3

    1. saya dapat mengamati binatang binatang dengan mudah.Karena,terlihat jelas binatangnya,terdapat nama dan klasifikasi binatang tersebut.
    2.menurut saya,dapat lebih paham ketika di kebun binatang.Karena,kita dapat melihat langsung jenis-jenis hewan vertebrata
    3.saya senang belajar dikebun binatang,karena saya melihat binatangnya langsung dan mendapatkan wawasan yang lebih terhadap habitatnya

    BalasHapus
  98. Mas Refky I.W.
    X MIA 3

    1.ya, lebih mudah karena dapat langsung melihat hewan vertebrata beserta dengan klarifikasinya dan dengan mudah dapat langsung diamati karena bisa melihat langsung

    2.kebun binatang,karena dapat melihat langsung objek dan dapat langsung mengamati serta lebih mudah untuk menelitinya karena bisa dilihat langsung apa ciri khusunya dan perbedaannya,dll.

    3. senang karena belajar dikebun binatang lebih mempermudah untuk mempelajarinya selain itu bisa dijadikan sebagai refreshing.

    BalasHapus
  99. Nama:Rizky Sanni Amelia (33)
    Kelas:X MIA 3

    1.Ya saya bisa mengamati hewan secara langsung dengan jarak yang dekat dan di kandang tersebut ada klasifikasinya jadi mempermudah dan saya dapat mengetahui ciri cirinya secara langsung

    2.Menurut saya, saya lebih paham jika di kebun binatang karena saya dapat melihat bentuk asli hewannya, selain itu suasana kebun binatang yang nyaman dibandingkan suasana kelas yang jenuh

    3.Ya saya senang, karena saya dapat suasana yang sejuk, dan saya bisa belajar sambil bermain di alam terbuka

    BalasHapus
  100. Nama : Irsyad Ali Syari'ati
    Kelas : X - MIA 2



    1. Ya,saya dapat mengamati binatang dengan sangat mudah karena binatang tersebut ada disekitar kita. Saya juga senang bisa mengamati secara langsung binatang tersebut.

    2. Sebenarnya saya sangat senang belajar diluar , tetapi soal pemahaman seperti nya lebih paham dikelas karena guru dapat menerangkan dengan sangat detail.

    3. Senang , dengan belajar diluar seperti itu kita dapat suasana pembelajaran yang baru.

    BalasHapus
  101. Nama:Jantika Aulia Febriani
    Kelas:XMIA3

    1. ya, karena dapat melihat langsung dengan jarak yg cukup dekat dan jelas. dan terbantu oleh klasifikasi yg tertera disana
    2. dikebun binatang, karena disana kita dapat melihat ciri" hewannya langsung dan disana kita dapat lebih dapat mengetahui lebih banyak hewan vertebrata lainnya dan tidak bergantung pada buku
    3. iya karena disana kita belajar sambil bermain dan itung" untuk refreshing juga jadi tidak terlalu jenuh

    BalasHapus
  102. Nama:Jantika Aulia Febriani
    Kelas:XMIA3

    1. ya, karena dapat melihat langsung dengan jarak yg cukup dekat dan jelas. dan terbantu oleh klasifikasi yg tertera disana
    2. dikebun binatang, karena disana kita dapat melihat ciri" hewannya langsung dan disana kita dapat lebih dapat mengetahui lebih banyak hewan vertebrata lainnya dan tidak bergantung pada buku
    3. iya karena disana kita belajar sambil bermain dan itung" untuk refreshing juga jadi tidak terlalu jenuh

    BalasHapus
  103. Nama : Luthfi Harris
    Kelas. : X MIA-2


    1.ya,karena di kebun binatang kita bisa langsung melihat hewat secara jelas dan bisa mengamati nama dan klasifikasi hewannya dari papan informasi hewan tersebut
    2.Di kebun binatang,karena kita bisa langsung melihat fisik juga klasifikasi hewannya secara langsung
    3.senang,karena tempatnya yang nyaman juga disana kita bisa belajar sambil berekreasi

    BalasHapus
  104. Nama : Hani Noor Mufidah
    Kelas : X - MIA 1




    1. Ya , saya dapat mengamati binatang dengan mudah dan dengan jelas secara fisik dan ciri-cirinya karena kita dapat melihat langsung hewan yang akan kita amati karena binatang tersebut ada disekitar kita.

    2. Menurut saya , saya lebih paham belajar di kebun binatang tapi harus dengan suasana tenang karena agar pada saat guru menjelaskan saya dapat mengerti bagaimana fisik , ciri ciri dan tempat hidup hewan tersebut seperti apa dan kalau di kebun binatang pikiran belajar akan tenang dan nyaman karena suasana yang sejuk membuat semangat agar lebih mengerti mengenai detail hewan tersebut

    3. Senang , karena saya jadi bisa melihat jelas ciri ciri klasifikasi hewan tersebut dan saya juga bisa mendapat pembelajaran yang baru karena tempatnya yang sejuk dan membuat pikirin nyaman , dan juga untuk refreshing

    BalasHapus
  105. Nama:Muhammad 'Alwan
    Kelas:X MIA 3

    1.Ya,karena selain dapat melihat hewanya secara langsung kita juga bisa melihat klasifikasinya yang sudah tertera masing-masing
    2.Di kebun binatang,karena dengan melihat hewannya secara langsung kita dapat lebih paham dan mengerti secara detail daripada melihatnya secara tidak langsung lewat foto yang berada di buku-buku
    3.Senang,karena disana kita dapat belajar sambil berjalan-jalan dengan melihat-lihat satwa yang ada

    BalasHapus
  106. Nama:fadila meiliani shafitri
    Kelas:X mia 2

    1.iyah,karena kita bisa sangat mudah melihat hewan tersebut dengan adanya klasifikasi dari papan informasi yg ada.

    2.bagi saya di kebun binatang,jadi kita bisa mengeksplor bukan di buku ajah tapi bisa melihat langsung.dan tertera klasifikasi yg lengkap.

    3.senang,karena bisa melihat langsung hewan yg tidak di ketahui.dan agar tidak jenuh bisa sambil bermain dan belajar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama:satria naufal graha kriswanto
      Kelas:X mia 2

      1.ya, karena saya bisa mengerjakan tugas karena sudahh tertera klasifikasi semua bianatang yanga ada di sana.

      2. Kebun binatang, karena saya bisa mengenali binatang yang belum saya ketahui dan melihat bintang nya secara langsung.

      3. Ya, karena saya bisa melihat binatang secara langsung dan mengamati binatang secara langsung.

      Hapus
  107. Nama:Muhammad Rafi Alghifary
    Kelas:X IPA 3

    1. Ya, saya dapat melihat dan mengamati binatang binatang dengan cukup mudah dan jelas karena saya dapat melihat secara langsung hewan tersebut di kandangnya tanpa melalui media ataupun lainnya.
    2. Saya lebih paham belajar di kebun binatang karena suasana baru yang saya dapatkan selain di kelas dan saya juga dapat melihat objek pembelajaran secara langsung.
    3. Ya, belajarnya seru,selain belajarnya seru kita juga dapat bercanda sesekali dengan teman teman.

    BalasHapus
  108. Nama : nuralam ramadhab susanto
    Kelas : x ipa 3

    1.Ya,saya dapat mengamati dengan mudah karena kita bisa melihat langsung binatang binatang itu dan kita pun bisa melihat langsung perbedaan dan keunikan binatang binatang itu masing masing.
    2.saya lebih paham dikebun karena kita bisa melihat langsung kehidupan mereka dan perilaku binatang binatang yang unik itu
    3.ya saya senang karena dikebun binatang kita bisa beraktivitas dengan banyak dibandingkan belajar dikelas

    BalasHapus
  109. Nama : Ferli Rahman Budiana
    Kelas : X MIA 3

    1. Ya, saya dapat mengamati binatang binatang dengan cukup jelas dan mudah karena selain mengamati langsung tanpa media dan yg lainnya, dan sudah disediakan juga keterangan binatang tersebut.

    2. Kebun binatang, karena selain dapat melihat dan mengamati secara langsung kita pun dapat memahami dengan baik bentuk binatang tersebut tanpa menggunakan media dan yg lainnya.

    3. Ya, senang sekali karena selain belajar dengan santai, kita juga dapat berinteraksi langsung dengan berbagai macam binatang yang ada di kebun binatang tersebut.

    BalasHapus
  110. Nama: Izza Putri Arya Dilah
    Kelas: X MIA 4

    1.ya, karena kita dapat melihat langsung fisik dan perilaku binatang.
    2.Kebun Binatang, karena bisa melihat langsung binatanya. Belajar di kebun binatang juga lebih santai tidak seserius di kelas.
    3. Ya, karena selain bisa melihat langsung binatang, kita juga bisa berekreasi di kebun binatang.

    BalasHapus
  111. Nama: Ratu Cenny Nurfadhilah
    Kelas: X MIA 4/29

    1. Ya, karena saya dapat melihat dan mengamati ciri-ciri dan tingkah laku dari tiap hewan secara langsung, begitupula klasifikasinya dengan mudah saya dapat mengetahuinya karena sudah tertera.

    2. Kebun binatang, karena saya rasa belajar di tempat terbuka dan mengamati sendiri lebih mudah diterap dan mudah diingat sendiri, namun untuk melihat detail dari hewan tersebut (contohnya seperti proses-proses pencernaan/pernafasan, organ dalam) dari hewan memang harus di cari lagi lewat sumber lain selain di kebun binatang, sepeerti ditanyakan pada guru di kelas, karena disana tidak dapat menjelaskan bagaimana detail dari tiap hewan. Namun di kelas dan mempelajari dari buku lebih menjenuhkan.

    3. Ya. Karena saya dapat melihat dan mencermati langsung hewan-hewan yang biasanya saya pelajari dari buku atau hanya lihat lewat media. Saya juga senang karena saya masih berkesempatan melihat hewan-hewan yang masih ada sampai saat itu, apalagi untuk hewan yang sudah terancam punah, saya turut prihatin. Saya rasa kepedulian dan cinta terhadap makhluk hidup dapat tertumbuhkan disana.

    BalasHapus
  112. Ivan Raka
    X-MIA2

    1. Yaa, karna kita bisa melihat hewan tersebut langsung dengan mata telanjang

    2. Di kebun bintng, karena kita bisa melihat hewan tersebut dengan mudah ketimbang lewat buku atau gambar

    3. Ya, karena selain kita bisa meliht binatang kita juga bisa main sambil berekreasi disana

    BalasHapus
  113. Fahmi Alfarizi
    X MIA 2

    1.iyaa, karena saya bisa memahami binatang-binatang dengan cukup jelas dengan adanya klasifikasi-klasifikasi yang ada pada setiap binatang

    2.menurut saya, saya lebih paham belajar dikebun binatang langsung karena kita dapat mengamati dan mengetahui binatang yang sedang kita pelajari tersebut dengan cukup jelas.

    3.iyaa saya senang, karena dikebun binatang kita dapat langsung mengamati binatang-binatang yang kita belum tahu dan langsung bisa mengetahuinya dengan cukup jelas.

    BalasHapus
  114. Nama : Amanda Nabila Ryani Putri
    Kelas : X IPA 4

    1. Ya, karena binatang dapat dilihat langsung oleh kita

    2. Di kebun binatang, karena dapat melihat langsung binatangnya
    3. Ya, karena lebih asik daripada di kelas

    BalasHapus
  115. Nama : giana annisa mp
    Kelas : X MIA 3

    1. iya, karena dapat melihat hewan secara langsung dan mengamati hewan tersebut dengan jelas
    2. kalau soal tempat belajar lebih nyaman di kebun binatang karena lebih jelas
    3. senang, karena dapat melihat hewan yang belum pernah dilihat sebelumnya dengan langsung, dan selain belajar saya dapat sambil berekreasi

    BalasHapus
  116. Nama:Neilathifa Febrike
    Kelas: X-ipa 4

    1. Ya karena saya bisa melihat secara langsung dan jelas hewan hewan yg ada di kebun binatang

    2. Saya suka di kelas dan di kebun binatang karena di kelas kita mempelajari teori dari hewan vertebrata dan di kebun binatang kita bisa melihat apa yg sudah kita pelajari

    3.Saya senang karena untuk pertama kalinya ke kebun binatang bersama teman teman sekolah dan karena tugas kemarin saya lebih mengamati binatang binatang yang ada disana.

    BalasHapus
  117. Nama: aulia pujiarti
    Kelas : X-mia2

    1.yaaa karena kita bisa langsung melihat hewannya dan langsung mengetahui nama atau pun klafikasi nya

    2.saya lebih senang dikelas karena lebih banyak mempelajari teori nya atau pun bentuk hewan bisa dicari di internet, sedangkan di kebun binatang sama suka tetapi hanya beberapa binatang yg kita lihat tidak semuanya.

    3.ya senang karena kita bisa belajar sambil bermain apalagi bersama teman teman lainnya, dan lebih banyak mendapatkan pengalaman yg lebih.

    BalasHapus
  118. Nama :Alifa apriansyah

    Kelas: X MIA 2


    1.ya,karena saya bisa melihat langsung hewan yg akan saya amati dan lebih mudah memahaminnya


    2.kebun binatang,karena jika di sana bisa langsung mengamati hewan tersebut secara dekat dan jelas .dan lebih mudah memahaminnya

    3.iya,karena bisa langsung melihat hewan yang akan diamati dan bisa mengetahuinya secara detail dan jelas

    BalasHapus
  119. Nama : Reika Shani Indriyani
    Kelas: X MIA 2

    1.Ya, karena saya bisa melihat dengan jelas langsung tanpa perantara dan mempermudah saya melihat klasifikasi ataupun keunikan semua hewan yang ada disana.
    2.Di kebun Binatang, karena lebih mudah memahaminya dan mengamatinya secara langsung tidak hanya melihat gambar dari buku ataupun internet.
    3.Senang sekali, karena saya bisa melihat objek yang saya amati secara langsung tanpa perantara, bisa mengetahui hewan hewan yang jarang sekali ditemukan atau hampir punah, dan membuat suasana pembelajaran yang berbeda sekaligus menyenangkan.

    BalasHapus
  120. Nama : Friansyah Nurul Hakim
    Kelas: X MIA 3

    1.Ya, dapat dibilang cukup mudah karena dengan kita datang langsung ke kebun binatang tersebut, kita bisa mengamati binatang-binatang yang ada dengan jelas dan juga dengan melihatnya langsung.

    2.Di kebun binatang, karena kita bisa melihat langsung binatang tersebut dan juga mengamatinya langsung tanpa harus membuka buku yang berisi tentang binatang vertebrata.

    3.Senang, karena kita bisa melihat langsung binatang yang kita tidak pernah tau sekalipun, jadi kita bisa bermain dan belajar.

    BalasHapus
  121. Nama : Lia Emilia
    Kelas : X MIA 2

    1. Ya, karena saya dapet melihat secara langsung hewannya,mengamatinya dan mengetahui klasifikasinya.

    2. Di kebun binatang, karena kita bisa melihat melihatnya secara langsung dan mengamatinya. Kalo di kelas kadang tidak mengerti.

    3. Sangat senang karen bisa melihat berbagai macam hewan dan belajar di alam terbuka.

    BalasHapus
  122. Nama: Aghnia Nadhifa Ariffin
    Kelas: X MIA 2

    1. Iya, karena dengan datang ke kebun binatang dapat dengan mudah mengamati binatang yang kita lihat secara langsung sehingga kita dapat mengetahui bagaimana bentuk nya,ciri khas binatang tersebut,dan lain lain.

    2. Menurut saya, di kebun binatang. Karena binatang tersebut dapat dilihat secara langsung sehingga menurut saya mudah saya pahami

    3. Iya senang, karena dapat belajar tidak hanya di dalam kelas tetapi belajar juga dapat di alam terbuka seperti di kebun binatang ini dengan belajar di kebun binatang ini juga selain mendapatkan pembelajaran tentang dunia binatang kita juga mendapatkan pengalaman.

    BalasHapus
  123. Nama : Husein Maulana Rokhman
    Kelas : X MIA 3
    1.tentu saja, sebab disetiap kandang hewan terdapat penjelasan-penjelasan tentang hewan tersebut dan kita bisa melihat secara langsung hewan tersebut dan mengamatinya dengan seksama.
    2.belajar dikebun binatang, karna dengan melihat langsung binatang tersebut kita bisa tahu bagian bagian binatang itu dengan jelas
    3. Senang, karna kita bisa belajar dan mengamati binatang yang ada dikebun binatang dan sekaligus bercengkrama dengan binatang tersebut

    BalasHapus
  124. Nama : Popi Fitriani (25)
    Kelas : X MIA 3

    1. Ya, karena kami dapat mengamati secara langsung hewan vertebrata yang disertai keterangan yang terdapat di depan kandangnya. Walaupun masih ada keterangan yang kurang jelas dan kurang lengkap mengenai klasifikasi hewan tersebut.

    2. Di kebun bintang, karena kami dapat melihat secara langsung tanpa media perantara seperti gambar, dsb. Kami juga dibantu dengan keterangan yang tersedia disana. Kami dapat mengenali lebih banyak lagi hewan vertebrata di dunia.

    3. Senang, karena kami belajar dengan suasana yang baru membuat kami tidak jenuh dengan materi yang disampaikan di kelas. Ini juga sekaligus menjadi rekreasi bersama teman di alam terbuka.

    BalasHapus
  125. Nama :nasywa izaz
    Kelas :X-mia2
    1.yaa,karna kita melihatnya secara langsung dan itu sangat jelas serta memudahkan saya untuk mengetahui ciri-ciri nya mau pun klasifikasinya
    2.dikebun binatang karna kita belajar lebih asik selain itu juga kan kebun binatang berada di ruangangan outdor sehingga merasa lebih bebas dan belajar pun menjadi lebih jelas karna kita bisa lihat secara langsung.
    3.menyenangkan,karna suasana yg berbeda dan lebih menarik dikebun binatang

    BalasHapus
  126. Nama : Risanny Nurul Hafsah
    Kelas : X Mia1

    1.Ya,kita bisa melihat binatang binatang tersebut dengan mudah karena tempat yang mudah di jangkau dan tempatnya sangat nyaman.

    2. Lebih paham di kebun binatang,karena kita bisa mempelajarinya sambil melihat hewannya secara langsung.

    3. Ya karena lebih membuka wawasan kita dan tidak terlalu jenuh dengan melakukan pembelajaran selalu di kelas.

    BalasHapus
  127. Nama:Afrizal rizky
    Kelas:X mia 1

    1.ya,karena kita dapat melihat fauna tersebut secara langsung,selain itu suasana kebun binatang yang alami membuat pikiran menjadi lebih tentram :v

    2.Di kebun Binatang,karena kita belajar sambil berwisata juga dan lebih mudah apabila kita belajar sambil mengamati langsung fauna tersebut

    3.Menyenangkan,Karena kita bisa melihat langsung fauna yang di amati

    BalasHapus
  128. nama : alfaraby gery ghafari (03)
    kelas : X-Mia 1

    1.ya , karena metode ini sangat efektif jadi kita dapat mengisi soal dengan mudah dan dengan melihat hewan hewan di kebun binatang ini kita dapat mengisi soal dengan mudah juga


    2, menurut saya lebih dimengerti di kebun binatang, karena di kebun binatang kita bisa melihat dengan rinci ciri-ciri hewan vetebratanya sedangkan di kelas kita belum tentu mengetahui ciri ciri hewan itu dengan rinci


    3, senang, karena kita selain bisa melihat langsung hewan hewannya kita juga bisa belajar dengan fresh karena suasananya yang enak sekali dan secara tidak langsung juga kita mengasah ingatan tentang ciri ciri , kelas , klasifikasi, yang kita pelajari di kelas

    BalasHapus
  129. Nama: M.Arva Aradhana
    Kelas:X mia 1

    1.Ya, karena kita dapat mengamati binatang langsung jadi sangat jelas jenisnya dan klasifikasinya.
    2.Di kebun binatang,karena bisa sambil bermain dan bercanda bersama teman2 dan juga jadi lebih jelas saat mengamati binatangnya.
    3.Senang, karena bisa belajar sambil berwisata dan bermain.

    BalasHapus
  130. Nama: M.Arva Aradhana
    Kelas:X mia 1

    1.Ya, karena kita dapat mengamati binatang langsung jadi sangat jelas jenisnya dan klasifikasinya.
    2.Di kebun binatang,karena bisa sambil bermain dan bercanda bersama teman2 dan juga jadi lebih jelas saat mengamati binatangnya.
    3.Senang, karena bisa belajar sambil berwisata dan bermain.

    BalasHapus
  131. Nama:Afrizal rizky
    Kelas:X mia 1

    1.ya,karena kita dapat melihat fauna tersebut secara langsung,selain itu suasana kebun binatang yang alami membuat pikiran menjadi lebih tentram :v

    2.Di kebun Binatang,karena kita belajar sambil berwisata juga dan lebih mudah apabila kita belajar sambil mengamati langsung fauna tersebut

    3.Menyenangkan,Karena kita bisa melihat langsung fauna yang di amati

    BalasHapus
  132. Nama:vega arvian
    Kelas:x-mia 1
    Absen:36

    1.karna disana lebih mudah mendapat informasi karna sudah ada klasifikasinya dan disana dapat melihat hewan secara langsung.
    2.karna disana sudah di beritahukan klasifikasi hewan hewannya dan tempat nya yang hijau
    3.seru karna bisa melihat hewan secara langsung dan menambah wawasan

    BalasHapus
  133. Nama : yusti rani
    kelas : X MIA 1

    1.ya. karena disana terdapat objek/contoh nya secara langsung.

    2.kebun binatang. Karena disana terdapat contohnya sedangkan jika dikelas kita hanya belajar teorinya saja.

    3.senang. karena disana udara nya sejuk sedangkan di kelas penat jadi susah untuk konsen.

    BalasHapus
  134. Nama:Riska Milenia Julianti
    Kelas:X MIA 2

    1.Ya,karena telah ada papan klasifikasi yang memudahkan kita dalam mengerjakan tugas.selain itu,kita juga dapat melihat bentuk asli dari hewan yang akan diamati.

    2.Di kebun binatang.karena kita tidak perlu membayangkan bentuk dari hewannya,hanya saja di kebun binatang tidak dijelaskan secara detail seperti di kelas.

    3.Tidak terlalu senang.karena menurut saya fasilitas kebun binatang yang kurang memadai dan terdapat banyak kandang hewan yang rusak atau tidak terurus.

    BalasHapus
  135. Nama:Erick Gunawan
    Kelas:X MIA 4

    1.ya,karena jika kita ke kebun binatang dapat melihat dan memudahkan tugas karena ada keterangan klasifikasinya dan melihat secara asli

    2.di kebun binatang,disana kita bisa melihat bentuk aslinya

    3.senang,selain bisa menimba ilmu otak juga jadi fresh

    BalasHapus
  136. Nama:Fahreza Raharjo
    Kelas:X MIA 4

    1.Ya,karena kita dapat melihat langsung dengan jelas
    2.di kebun binatang karena di kebun binatang lebih lengkap dan tidak jenuh seperti di kelas
    3.iya saya senang sekali,karena saya bisa belajar dengan bebas,bisa bercanda dengan teman2 dan bisa mengetahui hewan vertebrata secara langsung di kebun binatang

    BalasHapus
  137. Nama: Tio Faris Safa Ilman Hakima
    Kelas: X MIA 4

    1.Ya, karena di setiap kandang hewan ada papan klasifikasi nya.

    2.Di kebun binatang. Karena kita bisa langsung melihat binatang yg aslinya secara langsung, kalau di kelas paling hanya melihat gambarnya saja.

    3.Ya, karena saya lebih suka belajar di alam terbuka. Lagi pula bosen kalau belajar di kelas terus terusan. Sekali sekali belajar di luar kelas

    BalasHapus
  138. Nama : Yuni Siti
    Kelas: X Mia 3

    1. Iya,karena lebih mudah untuk mengetahui jenis hewan sesuai klasifikasi yang tercantum depan kandang hewan tersebut
    2. Kebun binatang,karena kita lebih jelas dan detail melihat langsung jenis hewan nya agar tidak selalu mendapat informasi dari buku ataupun internet
    3. Iya,karena belajar di alam terbuka sangat jarang jadi bisa memanfaatkan belajar sambil bermain dan mencari suasana baru agar tidak bosan kalau terus di sekitar sekolah

    BalasHapus
  139. NADHILA NURZAHRA
    X MIA-2

    1. Ya. Karena disana kita dapat melihat macam-macam hewan dengan jelas, dan disetiap kadangnya terdapat klasifikasinya. sehingga kita dengan mudah mengetahuinya

    2. Di kebun binatang. Karena disana bisa langsung melihat binatang yang asli dengan langsung tidak hanya melihat gambarnya saja, di kebun binatang kita dapat melihat dengan jelas ciri-cirinya

    3. Ya, karena disana itu lebih asik dan menyenangkan, dapat bermain sembari belajar, bercengkrma bersama teman dan juga mendapat ilmu yang bermanfaat

    BalasHapus
  140. Nama: jameel
    Kelas: x-mia 1
    1. Ya, karena saya dapat langsung dilihat dan diamati dengan baik dengan adanya klasifikasinya.
    2. bisa menjadi Lebih baik, karena belajar dikebun binatang karena bisa langsung mengetahui yang mana hewan verteberata dan invertebrata dengan mudah dibandingkan di kelas, karena di kelas tidak dapat mengetahui hewan secara langsung.
    3. Ya, karena dapat melihat hewan dan tumbuhan secara terbuka dan dapat merasakan udara yang sejuk.

    BalasHapus
  141. Nama : faisal iqbal r
    Kelas : X mia 1

    1. Ya, karena dengan begitu kita bisa mengamati secara langsung

    2. Di kebun binatang, karena kita bisa meneliti lebih dalam dan lebih banyak binatang vertebrata yg bisa kita lihat langsung di kebun binatang

    3. Ya, karena dengan kita belajar di kebun binatang kita bisa belajar dengan santai bersama teman dan lebih memahami berbagai hewan karena kita bisa melihat secara langsung

    BalasHapus
  142. M FADEL HABIBIE
    X MIA-2

    1. Ya. Karena disana saya dapat mengamati langsung hewan-hewan beserta klasifikasinya yang ada di setiap kadangnya.

    2. Di kebun binatang. karena saya bisa langsung mengetahui hewan vertebrata dengan sangat mudah dibandingkan di dalam kelas, jika didalam kelas saya hanya dapat melihat gambarnya saja tidak dapat mengamati secara langsung ciri-ciri hewan tersebut

    3. Ya, karena saya dapat bermain sambil belajar disana, bercengkrama dengan teman-teman dan mendapat ilmu bermanfaat

    BalasHapus
  143. Nama : Rizal Indera
    Kelas : X MIA 2

    1. Ya, karena bisa mengamati secara langsung dan terdapat tabel klasifikasinya.
    2. Di kebun binatang, karena bisa melihat secara langsung, kalau di kelas hanya bisa melihat melalui gambar/video.
    3. Ya, karena selain bisa melihat binatang yg akan diamati secara langsung, dan juga bisa sekalian berekreasi menikmati udara segar.

    BalasHapus
  144. Nama:Derry Ananda
    Kelas:X MIA 4

    1.Ya,karena kita dapat mengamati hewan-hewan disana secara langsung
    2.Di kebun binatang,karena karena kalau di kebun binatang kita dapat mengamati hewan-hewan disana lebih detail
    3.Ya,karena selain belajar,kita dapat bermain dan berekreasi disana

    BalasHapus
  145. Nama : Mudya S.I
    Kelas: X-Mia2

    1)ya,karena kita dapat mengamati dengan jelas dan dapat melihat langsung
    2)di kebun binatang, karena dapat melihat klasifikasinya dan dapat mengamati langsung dengan jelas
    3)ya, karena kita bisa belajar secara lebih santai

    BalasHapus
  146. Nama : Dhiyo Ardhyan Herfirsta
    Kelas : X MIA 3

    1. Ya, karena kami mengenali binatang dengan melihat langsung bentuk fisiknya, tidak terbatas seperti gambar saja. Kami juga bisa mengidentifikasi langsung ciri-cirinya, dan lagi dibantu oleh papan keterangan yang ada dikandangnya.

    2. Di kebun bintang, karena lebih mudah dan juga pembelajarannya tidak membosankan. Kami bisa berinteraksi langsung dengan binatang vertebrata disana.

    3. Senang, karena kami bisa belajar dengan suasana yang baru, yang tidak itu itu saja. Belajar sambil bermain bersama teman-teman semua, ini juga sekaligus refreshing kami agar tidak jenuh.

    BalasHapus

  147. Nama : Dinda Fitri D
    Kelas : X MIA 4

    1. Ya, karena saya dapet melihat secara langsung hewan yang akan diamati

    2. Di kebun binatang, karena kita bisa melihat dan mengamatinya secara langsung

    3. Cukup senang karena bisa belajar sambil berekreasi

    BalasHapus
  148. Nama : Ecclesia Renchart M.
    Kelas : X MIA 4

    1. Ya, dengan mengunjungi kebun binatang kami dapat melihata satwa dengan mudah dan jelas sehingga kami dapat mengetahui hewan vertebrata dengan lebih jelas.
    2. Menurut saya, lebih mudah jika pembelajaran tentang dunia binatang vertebrata itu dilakukan di kebun binatang, karena dengan mengunjungi kebun binatang kami dapat secara langsung membedakan hewan vertebrata dengan yg bukan, tetapi pemebelajaran waktu itu masih kurang karena kami tidak didampingi oleh guru ataupun pemandu kebun binatang jadi kadang kami masih kebingungan saat sedang melakukan penelitian.
    3. Ya tentu senang, setidaknya mengurangi kejenuhan para siswa saat belajar di dalam kelas, selain itu kunjungan pembelajaran ke kebun binatang menambah pengetahun sekaligus rekreasi/refreshing, sehingga proses belajar pun menjadi lebih bervariatif dan siswa pun jadi tidak mudah bosan.

    BalasHapus
  149. Riska milenia
    X mia 2

    1. Ya karena itu mengasyikkan dan mudah mengerti
    2. Lebih baik belajar di luar kelps karena kita bisa melihat langsung bentuk asli objek yg sedang kita pelajari
    3. Ya, senang karena bisa belajar sambil bermain

    BalasHapus
  150. Nama: Muhamad Taopik Gibtan
    Kelas: X MIA 1

    1.Iya sangat mudah, karena kita hanya perlu berkeliling dan mengunjungi kandang hewan yang  yang ingin kita ingin amati, terdapat klasifikasi/keterang dari hewan tersebut walaupun ada sebagian yang tidak ada

    2.Saya lebih paham belajar tentang dunia binatang vertebrata di kebun binatang, karena apabila kita belajar di kebun binatang kita dapat melihat langsung hewan hewan tersebut mulai dari bentuknya, ciri-cirinya dan lain-lain tidak seperti dikelas kita hanya dapat mengira-ngira atau melihat foto hewan tersebut

    3.Ya saya senang, karena di kebun binatang kita mendapatkan suana/pengalaman yang baru berbeda dengan dikelas yang membosankan, selain belajar kita juga sambil refreshing bersama teman kita

    BalasHapus
  151. Nama : Deva Riesty Novierra (9)
    Kelas : X MIA-1

    1. Ya, karena saya dapat melihat dan mengamati secara langsung binatang-binatang yang akan menjadi objek observasi saat ini.

    2. Kebun binatang, karena bagi saya belajar di luar ruangan kelas dapat membuat badan dan fikiran yang terutama menjadi tidak penat atau tidak membosankan.

    3. Ya saya senang, karena saya dapat melihat hewan yang saya jarang lihat secara langsung di kehidupan sehari-hari, dan saya juga dapat melihat berbagai perbedaan hewan satu sama lain

    BalasHapus
  152. Nama: Adinda Suci Mandasari
    Kelas : X MIA 1

    1.iya saya bisa mengamati binatang dengan sangat mudah, karena kita bisa langsung melihat binatangnya dan di situ juga terdapat penjelasan tentang klasifikasi hewan tersebut walaupun sebagian ada yang tidak lengkap
    2. Dalam belajar tentang binatang vertebrata saya lebih paham di kebun binantang selain kita dapat bisa melihat hewannya langsung kita juga bisa belajar sambil bermain disana dibandingkan belajar dikelas yang kadang berisik sehingga membuat saya tidak konsentrasi dalam belajar
    3. Ya saya sangat senang, karena dengan kita belajar di kebun binatang lebih mudah bagi siswa untuk mengetahui klasifikasi hewan tersebut dan dengan suasana di kebun binatang yang sejuk dan segar membuat siswa tidak jenuh disana juga kita bisa sekalian untuk refreshing

    BalasHapus
  153. Nama: Adinda Suci Mandasari
    Kelas : X MIA 1

    1.iya saya bisa mengamati binatang dengan sangat mudah, karena kita bisa langsung melihat binatangnya dan di situ juga terdapat penjelasan tentang klasifikasi hewan tersebut walaupun sebagian ada yang tidak lengkap
    2. Dalam belajar tentang binatang vertebrata saya lebih paham di kebun binantang selain kita dapat bisa melihat hewannya langsung kita juga bisa belajar sambil bermain disana dibandingkan belajar dikelas yang kadang berisik sehingga membuat saya tidak konsentrasi dalam belajar
    3. Ya saya sangat senang, karena dengan kita belajar di kebun binatang lebih mudah bagi siswa untuk mengetahui klasifikasi hewan tersebut dan dengan suasana di kebun binatang yang sejuk dan segar membuat siswa tidak jenuh disana juga kita bisa sekalian untuk refreshing

    BalasHapus
  154. Nama : Vania Yohandevi
    Kelas : X MIA 4

    1. Saya dapat mengamati binatang cukup mudah, karena terdapat keterangan dari hewan2 tersebut, dan hewan2 nya pun terlihat, namun ada beberapa hewan yang sulit diamati.

    2. Menurut saya belajar di kebun binatang lebih mudah paham, karena suasana baru dan tidak membosankan.

    3. Senang, karena suasana nya sejuk dan menyenangkan dapat melihat hewan hewannya secara langsung

    BalasHapus
  155. Nama : Wildan Mochamad Sepdiansyah
    Kelas: X MIA 4

    1. iya, karena kita bisa melihat langsung bagaimana bentuk dan wujud aslinya . dan kitapun dipermudah oleh papan keterangan spesifikasi yang berada didepan kandang .

    2. lebih paham di kebun binatang , karena kita dapat mengetahui secara jelas bagaimana ciri-ciri hewan tersebut . disana pun kita bisa belajar sambil bermain .

    3. sangat senang , karena disana udaranya sangat sejuk dan membuat kita nyaman belajar . disanapun kita bisa belajar sambil bermain juga .
    menurut saya belajar seperti ini dapat menjadi refreshing untuk menghilangkan stress ketika belajar dikelas .


    *kepada ibu tati wildan minta maaf memakai email vania , dikarenakan wildan lupa alamat emailnya .

    BalasHapus
  156. Nama: Yusva ayu
    kelas: x mia 1
    1. Iya karena dapat mengamati binatang binatang tsb dengan langsung
    2.kebun bintang,karena dapat mengamati berbagai perbedaan binatang-binatang tsb.
    3.karena suasana belajar lebih asik.

    BalasHapus
  157. Nama: Yusva ayu
    kelas: x mia 1
    1. Iya karena dapat mengamati binatang binatang tsb dengan langsung
    2.kebun bintang,karena dapat mengamati berbagai perbedaan binatang-binatang tsb.
    3.karena suasana belajar lebih asik.

    BalasHapus
  158. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  159. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  160. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

  161. dwi ratna esti lestari12 Mei 2016 07.31
    Nama : Dwi Ratna Esti L
    Kelas : X IPA 4

    1. Ya, karena kita dapat melihat secara langsung contoh hewan - hewannya.
    2. Kebun binatang, karena dapat kita jadikan sebagai media rekreasi juga.
    3. Karena suasana yang lebih asik untuk belajar.

    BalasHapus
  162. nama : ayu juniar indriani
    kelas : x mia 2

    1. ya, karna kita bisa melihat hewan hewan secara langsung juga lebih gampang mengamatinya
    2. kebun binatang, karna tidak ngantuk juga udara lebih segar dan lebih seru
    3. karna suasana lebih asik dan lebih semangat.

    BalasHapus
  163. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  164. Nama:Muhammad Ammar Abdillah
    Kelas:X MIA 3

    1) Ya,karena jarak antara kandang dan saya lebih dekat,dan bisa melihat hewan hewan secara langsung apalagi dibantu oleh papan klasifikasi yang membuat saya lebih mudah mengamatinya
    2)Di kebun,karena lebih mudah dan bisa melihat langsung ciri ciri hewan tersebut,tidak hanya digambar dan tidak terfokus dalam materi,tetapi bisa mengamati secara langsung,dan bisa dijadikan sarana rekreasi bersama teman
    3)Ya,karena belajarnya santai dengan udara yang segar,sambil rekreasi dan belajar juga

    BalasHapus
  165. Dean Hadi
    X - Mia 2
    1. ya karena dengan melihatnya secara langsung saya dapat lebih mudah mempelajari tentang hewan tersebut.
    2. Dikebun binatang karena saya lebih paham belajar dikebun binatang langsung karena kita dapat mengamati dan mengetahui binatang yang sedang kita pelajari tersebut dengan cukup jelas.
    3. Ya karena saya bisa belajar sekalagus refresing.

    BalasHapus
  166. Nama : nabilla zea herlangga
    Kelas: x mia 3
    1. Ya, saya dapat mengamati binatang dengan mudah karena dipermudah dengan papan keterangan yg tersedia di samping atau depan kandang hewan walau terkadang saya menemui papan yg kurang lengkap.

    2. Saya lebih memilih belajar dunia binatang vertebrata di kebun binatang saya lebih memahami dikebun binatang dibandingkan dengan dikelas. Mungkin karna di kebun binatang saya dpt langsung melihat hewan aslinya, pikiran pun menjadi lebih fresh tidak gampang jenuh. Kalau dikelas saya sering kali merasa jenuh karena banyak difokuskan ke buku ataupun materi yang ditulis di papan tulis. Saya sering kali kehilangan konsentrasi jd menurut saya lebih paham diluar kelas karna dgn otak yang fresh menambah kosentrasi

    3. Ya saya sangat senang sekali karna di kebun binatang saya dpt melihat, sekaligus mempelajari, saya juga bisa sekalian refreshing dgn melihat lihat binatang yang ada. Saya juga senang karna disana saya bisa belajar sambil bermain, mengabadikan foto bersama teman teman. Namun saya tidak nyaman dgn fasilitas yang ada karena saat saya masuk banyak tanah yang becek, tempatnya kurang bersih, lokasinya pun kurang terawat. Dan saya mencium aroma tidak sedap dari beberapa kandang hewan disana. But, im so really enjoy there!

    BalasHapus
  167. Nama: Nanda Dida Pradita
    Kelas : X Mia 2

    1.ya,karena kita dapat melihat langsung binatang-binatang tersebut

    2.menurut saya,lebih paham di kebun binatang.karena kita dapat melihat binatang itu langsung,dan lebih mudah untuk dipahami

    3.ya,karena kita dapat belajar dengan santai,dan dapat melihat berbagai binatang

    BalasHapus
  168. Nama: Surya dharma
    Kelas: X-MIA3

    1.ya karena kita dapat melihat langsung binatang yang kita amati dan dengan mudah mengklasifikasikannya

    2. di kebun binatang karena kita langsung mengamati nya, sehingga lebih mudah di mengerti

    3. ya karena kita belajar sambil refreshing sehingga menjadi lebih menyenangkan

    BalasHapus
  169. Nama: Hakeem.cr
    Kelas: X Mia 1

    1. ya karena kita dapat melihat langsung bintang tersebut

    2. di kebun binatang karena kita bisa melihat langsung binatang tersebut

    3 .ya kerena kita bisa belajar sambil refrshing

    BalasHapus
  170. Nama: Hakeem.cr
    Kelas: X Mia 1

    1. ya karena kita dapat melihat langsung bintang tersebut

    2. di kebun binatang karena kita bisa melihat langsung binatang tersebut

    3 .ya kerena kita bisa belajar sambil refrshing

    BalasHapus
  171. Nama :Ilham Al Fiqrie
    Kelas:X MIA 1

    1.ya, saya bisa mengamati binatang-binatang dengan mudah dikarenakan kita bisa leluasa melihat binatang-binatang dengan mata kepala sendiri dan melihat bentuk asli dari binatang tersebut di kebun binatang dan disana sudah tercantum nama-nama dan klasifikasinya.

    2.Menurut saya, Saya lebih memilih belajar dunia binatang vertebrata di kebun binatang saya lebih memahami dikebun binatang dibandingkan dengan dikelas. Mungkin karna di kebun binatang saya dapat langsung melihat hewan aslinya, pikiran pun menjadi lebih fresh tidak gampang jenuh. Kalau dikelas saya sering kali merasa jenuh karena banyak difokuskan ke buku ataupun materi yang ditulis di papan tulis. Saya sering kali kehilangan konsentrasi jd menurut saya lebih paham diluar kelas karna dengan otak yang fresh menambah kosentrasi.

    3.Ya pasti senang, setidaknya mengurangi kejenuhan para siswa saat belajar di dalam kelas, selain itu kunjungan pembelajaran ke kebun binatang menambah pengetahun sekaligus rekreasi/refreshing, sehingga proses belajar pun menjadi lebih bervariatif dan siswa pun jadi tidak mudah bosan dan penat pikirannya.

    BalasHapus
  172. Nama : Kardita Rida . P
    Kelas : X MIA 3

    1. Ya, karena jarak pagar pembatas tidak menyulitkan kami mengamati binatang yang ada dalam kandang. Ditambah ada papan klasifikasi yang memudahkan kami mengetahui nama binatang tersebut.
    2. Lebih mudah di kebun binatang karena bisa belajar secara langsung bentuk, sifat karakteristik, dan habitat hewannya. Jadi mudah diingat ketimbang membaca paragraf panjang dalam buku.
    3. Senang, karena bisa bergerak bebas sambil mempelajari hewan-hewan, tidak seperti dikelas hanya duduk mendengarkan yang pasti membuat bosan.

    BalasHapus