Selasa, 23 Juni 2009

Guru diganti dengan Komputer?

Pembelajaran dengan media animasi PowerPoint yang merupakan hasil perkembangan teknologi masa kini akan membangkitkan minat belajar peserta didik khususnya di SMA, namun apakah penggunaan hasil teknologi tersebut akan menggantikan manusia sebagai tenaga edukatif? Jawabnya adalah tidak. animasi PowerPoint merupakan salah satu sarana/ media pembelajaran untuk menyampaikan pesan pada peserta didik.
Mengajar bukanlah menerapkan suatu system, namun mengajar adalah menjalankan kebijaksanaan terus menerus secara periodic/ simultan (Jacques Barzun).
Tidak ada metode atau media pembelajaran yang tidak baik untuk mencapai hasil pembelajaran yang optimal, namun pada bagian mana dari materi ajar yang akan disampaikan sebagai salah satu metode/ media pembelajaran yang tepat.
Perkembangan teknologi di bidang pendidikan menuntut pendidik untuk lebih banyak mengunakan berbagai metode ataupun media pembelajaran dalam menyampaikan informasi di kelas, salah satunya dengan media Animasi PawerPoint. .
Ditekankan disini bahwa pembelajaran dengan menggunakan perangkat komputer bukan berarti sebagai pengganti manusia (pendidik) yang digantikan perannya oleh mesin/ robot, akan tetapi pendidik harus mampu mengendalikan robot- robot tersebut agar pembelajaran di kelas tercapai secara optimal serta tidak meninggalkan ajaran/ norma- norma sebagai manusia yang beradab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar