Selasa, 23 Juni 2009

Inovasi Pembelajaran MIPA Melalui Kegiatan MGMP Sebagai Usaha Peningkatan Kualitas Pembelajaran Biologi di SMA

MGMP (Musyawah Guru Mata Pelajaran) merupakan wadah guru untuk saling bertukar pendapat tentang permasalahan yang dihadapi pada pembelajaran di sekolah diantaranya meliputi: penyusunan silabus, pembuatan rencana pembelajaran, metode/pendekatan yang digunakan untuk setiap standar kompetensi, penyusunan lembar kegiatan siswa (LKS), alat penyusunan alat evaluasi. Aspek-aspek penting yang dimiliki guru meliputi kemampuan mengembangkan perangkat pembelajaran yang terdiri dari rencana pembelajaran yang bebasis “hands-on activity” LKS yang memuat pertanyaan produktif dan alat evaluasi berupa soal keterampilan proses telah disebarluaskan melalui MGMP ini. Berdasarkan sifat perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan, kegiatan piloting telah mengembangkan model pembelajaran berbasis “hands-on activity” dengan pendekatan keterampilan proses sain dan inkuiri. Dalam model pembelajaran yang dikembangkan tersebut situasi kelas dituntut untuk berpusat kepada siswa dengan guru sebagai fasilitator. Model pengembangan pembelajaran seperti ini memiliki relevansi dengan tuntutan kurikulum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar